Cetak Atlet Berprestasi Internasional, KONI Bali MoU dengan Jeju, Korsel

(Baliekbis.com), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mampu menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya KONI Bali menjalin MoU dengan Dewan Olahraga Propinsi Jeju, Korea Selatan (Korsel) dalam hal pembinaan dan peningkatan prestasi keolahragaan di Bali. Targetnya lahir lebih banyak atlet berprestasi di nasional bahkan internasional.

Penandatanganan MoU dilakukan di Kantor KONI Bali, Denpasar, Kamis (30/8) antara Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi dengan Wakil Presiden Dewan Olahraga Propinsi Jeju, Ko Jung Sin yang didampingi jajarannya.

MoU dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang akan diimplementasikan melalui pengiriman atlet maupun pelatih asal Bali ke Korsel secara berkala. KONI Bali juga akan mendatangkan para pelatih dari Korsel untuk membina dan melatih para atlet Bali.

“Kita bisa belajar banyak dari Jeju. Jadi kalau kita ingin meningkatkan prestasi olahraga, kita harus membuka diri, mau belajar dengan negara-negara yang lebih maju,” ucapnya.

Kerjasama ini juga sebagai momentum yang baik bagi Bali untuk mendalami pembinan dan pengembangan atlet dan pengelolaan keolahragaan di Jeju, Korsel. Terutama sport science yang sudah lama diterapkan di Korsel khususnya Propinsi Jeju. Apalagi Jeju menduduki papan atas di Korsel dalam prestasi keolahragaan.

Wakil Presiden Dewan Olahraga Propinsi Jeju Ko Jung Sin menyambut positif kerjasama ini. Diharapkan membawa kemajuan bidang keolahragaan bagi kedua pihak.

“Kami sangat terbuka kerjasama dengan KONI Bali. Kami akan mendukung pembinaan keolahragaan di Bali,” ujarnya.¬†Sementara itu Pengurus KONI Bali Bidang Hubungan Luar Negeri dan Sport Tourism, I Dewa Putu Susila menegaskan kerjasama luar negeri dengan Jeju Korea ini adalah inovasi dan aksi nyata KONI Bali meningkatkan kualitas pembinaan olahraga di Bali agar bertaraf internasional.

“Hal ini menjadi pondasi bagi jalinan kerjasama dengan negara lainnya,” ujar pria yang juga Ketua Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Cabang Bali itu.¬†Sebagai tidak lanjut MOU ini, dalam waktu dekat KONI Bali juga akan berkunjung ke Jeju, Korsel. Dilanjutkan dengan pengiriman atlet dan pelatih ke negeri ginseng ini. (wbp)