28000 Ekor Sapi Kurban Sukses Dikirim Melalui Pelabuhan Lembar Selama Momen Idul Adha 2023

(Baliekbis.com), Pelindo Cabang Pelabuhan Lembar berhasil melayani pengiriman 28000 ekor sapi kurban asal NTB ke seluruh Indonesia. Pelindo memastikan distribusi hewan kurban yang lancar serta efisien dengan menyiapkan Ruang Tunggu Khusus (RTK) hewan dan berkoordinasi dengan pihak pelayaran untuk memastikan jadwal pengiriman.

GM Pelindo Cabang Lembar Wahyu Agung Prihartanto mengatakan Kabupaten di NTB seperti Sumbawa, Dompu, Bima merupaka daerah produsen sapi berkualitas setiap tahunnya yang mengirimkan sapi – sapinya ke berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan Data IQFAS SKP Sumbawa Besar dsri bulan Januari s/d Juni 2023 terekap ada 28.153 ekor sapi yang di kirim dari NTB melalui Pelabuhan Lembar. Kondisi ini membuat Pelabuhan lembar menyiapkan strategi khusus guna memastikan layanan pengiriman lancar salah satunya dengan menyiapkan ruang tunggu khusus hewan.

Manajemen Pelabuhan Lembar bekerjasama dengan Karantina Hewan setempat untuk memantau kondisi kesehatan sapi.

“Sebelum masuk kapal sapi ini terlebih dahulu diangkut menggunakan truk lebih 10 jam dari daerah asal sehingga kami sediakan RTK Hewan untuk mengistirahatkan sapi sebelum diangkut kapal”. Jelas Wahyu

Wahyu menambahkan, program tol laut milik pemerintah dan pihak shipping line juga memiliki peran cukup vital dalam keberhasilan pendistribusian 28.000 ekor sapi ini. Dua faktor tersebut menjamin kepastian waktu pengiriman sehingga sapi sapi bisa di kirimkan secara cepat, efisien dan tidak mengganggu stamina hewan.

“Melalui Otoritas Pelabuhan Lembar kami terus dikoordinir dalam berkoordinasi antar stakeholder seperti karantina, pelayaran dan pemilik hewan. sehingga layanan pengiriman hewan ini bisa berjalan cukup sukses”

Pelindo Cabang Pelabuhan Lembar berharap bahwa keberhasilan dalam pengiriman sapi kurban ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menjalankan tradisi kurban. Pelindo Cabang Pelabuhan Lembar tetap berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan mendukung pengembangan ekonomi di wilayah NTB.

Tentang Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.