RAT XI KSP Permata Utama, Asetnya Melonjak Tembus Rp24 Miliar

(Baliekbis.com),Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Permata Utama digelar Minggu (12/1/2020). Dalam rapat tersebut dijelaskan pertumbuhan koperasi sepanjang tahun buku 2019. Tercatat koperasi ini sukses menggenjot pertumbuhan aset secara signifikan sebesar Rp24 miliar atau meningkat 53,2 persen dibanding raihan tahun 2018 sebesar Rp 15,6 miliar.

Ketua KSP Permata Utama I Made Jaya Artana saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban mengatakan selama 2019 pertumbuhan bisnis cukup memuaskan. Besarnya aset tentu saja dipengaruhi aktivitas di semua pos keuangan. Dana yang diterima baik dalam bentuk tabungan maupun deposito tercatat sebesar Rp18,5 miliar atau meningkat 67,8 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 11 miliar.

Pinjaman yang tersalurkan selama 2019 juga meningkat signifikan. Tercatat pinjaman yang diberikan kepada anggota selama 2019 adalah sebesar Rp16 miliar, meningkat 68,1 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp9,5 miliar. Pertumbuhan setiap pos-pos keuangan terutama di sektor pinjaman tentu saja berdampak pada meningkatnya laba atau sisa hasil usaha (SHU).

Jaya mengatakan SHU tahun buku 2019 tercatat sebesar Rp 828 juta atau meningkat sebesar 38,8 persen dari SHU tahun 2018 sebesar Rp 596 juta. “Pertumbuhan koperasi tahun 2019 cukup memuaskan, semua tak lepas dari peran aktif anggota dan kerja keras seluruh elemen koperasi mulai dari pengurus dan karyawan. Untuk menggenjot pertumbuhan kami terapkan sistem jemput bola dengan “panglima” dan “gladiator” yang kami miliki, seluruh target mampu tercapai dengan baik, mulai dari pertumbuhan dana hingga stabilitas di sektor kredit,” ujar Jaya dalam Agenda RAT yang digelar di Restoran Nami Rasa, Desa Buruan, Tabanan.

Selama 2019 KSP Permata Utama diakui Jaya mendulang sejumlah prestasi membanggakan. Salah satunya adalah mendapat predikat salah satu koperasi terbaik di tingkat provinsi, mengalahkan 585 koperasi lain yang ada di Kabupaten Tabanan.

Pada tahun 2020 ini Jaya menargetkan koperasi yang dikelolanya bisa berubah menjadi koperasi tingkat (nivo) provinsi. “Segala persyaratan sudah kami siapkan, kami berharap tahun ini bisa jadi koperasi tingkat provinsi,” ujarnya.

Hal senada diuangkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan yang diwakili oleh I Dewa Nyoman Sukadana, Kasi Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tabanan mengatakan KSP Permata Utama adalah salah satu koperasi terbaik di tingkat Kabupaten dan Provinsi Bali.

Beberapa indikatornya adalah koperasi ini telah menyandang predikat koperasi sehat lima tahun berturut-turut, mendapat predikat koperasi terbaik tingkat provinsi, dan pernah mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari auditor independen.

“Ke depan kami berharap koperasi ini semakin berkembang lagi dengan anggota yang semakin banyak, dan diharapkan bisa segera menjadi koperasi tingkat provinsi. Untuk tahun 2020, KSP Permata Utama juga kami usulkan sebagai salah satu tokoh koperasi di Tabanan untuk mendapat penghargaan dari Presiden,” ujarnya di sela-sela acara.

Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan I Wayan Wirna Ariwangsa yang hadir dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasinya terhadap perkembngan KSP Permata Utama. Ia berharap segala pencapaian harus dijaga dengan baik dan lebih ditingkatkan lagi. Baginya untuk bertahan di tengah persaingan, koperasi juga harus membangun kemitraan dengan lembaga keuangan lainnya baik itu LPD ataupun bank-bank umum.

“Sudah seharusnya kita mendukung gerakan koperasi, karena koperasi merupakan warisan para pendiri bangsa harus kita jaga dan lestarikan, karena banyak keuntungan yang didapat jika ikut dalam gerakan koperasi,” ujarnya.

Dalam RAT yang dibarengi dengan acara gathering family anggota koperasi dan masyarakat juga dilakukan pembagian tali kasih terhadap puluhan warga kurang mampu dan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu yang ada di seputaran Desa Riang Gede, Desa Denbantas, Dan Desa Kediri.

Ke depan selain beberapa desa tersebut tali kasih juga akan diberikan kepada warga-warga kurang mampu yang ada di wilayah lain di Kabupaten Tabanan. “Pembagian tali kasih sudah menjadi agenda rutin yang kami lakukan tiap momen RAT. Ke depan akan ada lebih banyak lagi warga di desa-desa lainnya yang diberikan santunan,” pungkas Jaya. (mdy)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: