Ngeri! 10 Pohon Ini Kerap Dihuni Hantu

(Baliekbis.com), Dari sekian banyak pohon, berkembang mitos di masyarakat dipercayai jika beberapa jenis pohon diyakini menjadi tempat tinggal atau sarangnya makhluk gaib. Apalagi jika pohon-pohon ini sudah berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun, maka kerap dianggap sebagai pohon keramat. Berikut poh0n-pohon yang diklaim sebagai tempat tinggal makhluk gaib.

1. Pohon Beringin

Konon beringin merupakan tempat kesukaan makhluk gaib jenis genderuwo. Terutama pohon beringin yang sudah tua, dan memiliki janggut atau akar yang menggantung. Mitos yang beredar jika ada yang mematahkan janggut beringin dan kebetulan pohon beringinnya dihuni oleh makhluk genderuwo, dipercaya orang tersebut akan langsung sakit dan harus diobati oleh paranormal.

2. Pohon Ara

Pohon Ara disebutkan sebagai tanaman suci di berbagai agama. Dalam agama Budha, Sidharta mendapatkan pencerahan saat duduk sebuah pohon Bodhi atau bahasa lain dari Ara. Sedangkan di agama hindu, tumbuhan ini disebut dengan pohon dunia yang akar-akarnya menjulang menjadi sumber dari sungai Saraswati. Pohon Ara juga sering dianggap sebagai pohon yang angker. Pohon Ara merupakan tempat tinggal yang nyaman untuk berbagai jenis makhluk halus, baik itu Pocong, Kuntilanak dan tuyul.

3. Pohon Kapuk Randu

Kapuk randu atau kapuk (Ceiba pentandra) adalah pohon tropis. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara, Amerika Tengah dan Karibia. Kata “kapuk” juga digunakan untuk menyebut serat dari tanaman ini. Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapuk Jawa, atau pohon kapas-sutra. Ceiba, genis tanaman ini juga merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya. Pohon yang satu ini konon katanya sangat identik dengan  kuntilanak. Biasanya pohon kapuk ini jika sudah tumbuh besar bisa membuat orang yang melewatinya menjadi merinding.

4.  Pohon Sawu Manila

Buah sawo pernah menjadi primadona di Indonesia, terutama sawo manila. Tanaman ini aslinya berasal dari Amerika Tengah, namun dibudidayakan pada awalnya di Filipina, tepatnya di kota Manila. Itu sebabnya buah sawo biasa kita kenal sebagai sawo manila. Tanaman ini konon dibawa oleh bangsa Spanyol ke Filipina pada masa penjajahan dahulu. Sayangnya, dengan banyaknya varietas buah baru yang lebih trendi, pembudidayaan sawo manila tidak lagi sebanyak dahulu. Padahal, tanaman ini banyak manfaatnya. Pohon manila juga dianggap sebagai tempat favorit hantu genderuwo bersemayam. Itulah mengapa kita tidak boleh ada di bawah pohon manila kala sedang adzan magrib tiba lantaran untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

5. Pohon Saga

Saga pohon adalah pohon yang buahnya menyerupai petai dengan bijinya kecil berwarna merah. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan namun sekarang telah tersebar pantropis. Saga pohon umum dipakai sebagai pohon peneduh di jalan-jalan besar. Tumbuhan ini juga mudah ditemui di pantai. Konon katanya pohon ini adalah tempat favorit para dedemit.

6. Pohon Asam Jawa

Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang pada kuah pempek. Pohon Asam Jawa ini konon katanya merupakan pohon yang sangat identik merupakan tempat tinggal hantu kuntilanak dan hantu pocong. Terutama pohon asam jawa yang usianya sudah bertahun-tahun.

7. Pohon Bacang

Buah Bacang merupakan buah yang hampir sama dengan mangga akan tetapi jika buah bacang lebih bulat dan mempunyai banyak serat, seratnya lebih banyak ketimbang mangga. Dan konon katanya pohon ini merupakan tempat bermain para tuyul.

8. Pohon Sukun

Sukun adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai “buah roti”. Sukun sesungguhnya adalah kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Pernah ada cerita katanya orang yang membuat rumah pohon di Pohon Sukun pada malam hari saat sedang berada di rumah pohon tersebut, hantu pocong mendekati dan meminta agar rumah pohon itu di bongkar, lantaran menganggu tempat huninya.

9. Pohon Pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.  Kuntilanak dan hantu pocong, bagi mereka, pohon pisang adalah tempat favori bagi kedua hantu tersebut.

10. Pohon Bambu

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Pohon bambu merupakan tempat yang paling disukai oleh hantu Kuntilanak. Tidak heran jika pohon yang satu ini dikenal merupakan pohon yang sangat angker kedua setelah pohon beringin.

Apapun pohonnya, tentu saja memiliki sisi positif maupun negatif tergantung dari sudut pandang masing-masing orang. Bijaklah dalam menilai hal tersebut. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: