Berdayakan BLK, Disnaker Karangasem Produksi Masker Bantu Upaya Pencegahan Corona

(Baliekbis.com),Bupati Karangasem Mas Sumatri mempertegas imbauan kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar selalu menggunakan masker.

Namun langkanya ketersediaan masker membuat harga masker melambung. Peka terhadap masalah tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karangasem I Nyoman Suradnya,S.Sos., M.AP, berinisiatif menggerakkan siswa Balai Latihan Kerja angkatan 2020 Program Pendidikan Menjahit untuk memproduksi masker dengan memanfaatkan waktu setelah jam belajar dan bahan kain yang tersisa.

Alhasil hari ini 1.000 masker berhasil dibuat dan seluruhnya disumbangkan melalui Satgas Covid Karangasem yang diterima secara langsung oleh Ka.Satgas Made Darmawa di Gedung BPBD Karangasem, Posko Penanggulangan Covid – 19

“Seribu Masker ini buah karya siswa BLK Prodi Menjahit. Kami sumbangkan untuk dapat disalurkan kepada masyarakat Karangasem yang membutuhkan. Untuk distribusinya kami serahkan sepenuhnya kepada Satgas Covid-19 Kabupaten,” ujar Nyoman Suradnya.

Suradnya memaparkan 1.000 masker tersebut dikerjakan oleh 15 siswa dengan peralatan jahit yang dimiliki oleh BLK. Pengerjaan dilakukan usai jam pelajaran sehingga dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu.

Kadisnaker menyampaikan pihaknya sudah menghubungi lulusan kelas menjahit angkatan sebelumnya, jika dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak lagi masker kain.

“Kendala kami saat ini adalah bahan baku berupa kain. Kami siap menyediakan tenaga asalkan tersedia bahan kainnya untuk memproduksi lebih dari 1.000 per minggu atau minimal 200 lembar per hari,” jelasnya.

Bupati Karangasem menyambut baik inisiatif Kadisnaker I Nyoman Suradnya yang menggerakkan siswanya dalam membantu pemenuhan kebutuhan masker di Bumi Tanah Aron.

“Kami berterima kasih kepada para siswa dan Pak Kadis yang telah berinisiatif secara spontan membantu pengadaan masker,” ucap Mas Sumatri dengan wajah terharu. Untuk produksi masker selanjutnya pihaknya akan mengkoordinasikan dengan instansi lainnya, donatur serta dermawan, agar dapat membantu memenuhi kebutuhan BLK dalam memproduksi masker kain.

Menurut Bupati Karangasem uluran tangan dari berbagai pihak dalam membantu Pemerintah Kabupaten menangani penyebaran Virus Corona di Karangasem sangat dibutuhkan.

“Saya percaya dengan kita mempererat jalinan kerja sama, bahu membahu, saling membantu, kita dapat melewati krisis ini dengan baik dan mendapat restu dari Ida Sesuhunan, Astungkara,” tutup Mas Sumatri dengan doa. (ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.