Belasan Negara Ikuti “Bali Tattoo Expo 2019”

(Baliekbis.com),Seni tato makin banyak diminati belakangan ini. Bahkan banyak yang dari luar negeri sengaja datang ke Bali baik untuk ditato maupun mengikuti kontes.

“Mereka datang ke Bali juga sambil berwisata,” ujar Penyelenggara Bali Tattoo Expo 2019 Bagus Ferry dalam jumpa pers, Selasa (21/5/2019) di Kubu Kopi Tanjung Bungkak. Expo akan digelar pada 24-26 Mei di Bali Creative Industry Centre, Jln. W.R. Supratman 302, Tohpati, Denpasar Timur.

Ferry menambahkan dalam ajang “Bali Tattoo Expo 2019” yang keempat kali ini bahkan peserta dari luar negeri meningkat dua kali lipat. Selain peserta Bali Tattoo Expo 2019 berasal dari Bali, Semarang, Jakarta, Bandung, Manado, Malaysia, juga Spanyol, Australia, Cina, Nepal, Singapura, Korea, Swis, Prancis, Russia, India, Taiwan, dan Vietnam.

Dikatakan banyak wisatawan yang ke Bali selain berwisata juga ingin tato. “Yang tato mini paling fovorit seperti bunga jepun. Jadi ini bikin tato makin dikenal.

Harga tato di Bali juga terbilang murah. Kalau di luar negeri dengan Rp10 juta hanya dapat tato. Tapi uang sebanyak itu di Bali bisa dapat tato sekaligus liburan,” ujar Putu Agus Eka Prasantika, salah satu peserta Bali Tattoo Expo 2019.

Bali Tattoo Expo pertama kali digelar pada tahun 2016. Pada awalnya, expo ini digelar agar bisa menjadi wadah berbagi dan ber-promosi bagi para seniman tato Bali. Seiring perjalanan waktu, tujuan expo ini pun bergeser salah satunya adalah karena perkembangan industri tato Bali yang sedemikian pesat.

Industri yang semakin lama semakin besar ini membutuhkan seniman tato yang juga semakin banyak, sehingga tenaga kerja terserap dari berbagai daerah di Indonesia ke Bali.

Di expo kali ini ada 149 booth (termasuk booth komunitas, clothing, dan tattoo supply, dan studio tato), pengunjung juga dimanjakan dengan playground (untuk anak-anak), area kuliner, dan panggung musik.

Selama expo, setiap harinya panitia menggelar kontes dengan beragam kategori. Kontes dalam expo ini tidak bersifat wajib untuk diikuti oleh peserta. Pada hari pertama, kategori style/gaya dilombakan oriental, American traditional/ neotrad, tribal, ornamental, dan realis.

Kategori tematik dikonteskan pada hari kedua yakni flora, fauna, film, dan sport. Pada hari terakhir adalah kategori by size yaitu small color/black-gray, dan large color/black-gray. Di hari terakhir juga akan digelar tattoo show, dimana para kolektor tato bisa berkompetisi dengan sesama kolektor. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: