Yuk Biasakan Anak Mengonsumsi Minyak Ikan! Ini Manfaatnya

(Baliekbis.com), Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang berminyak. Awalnya, minyak ikan diambil dari lemak paus. Lalu minyak tersebut juga diambil dari ikan dan binatang laut lainnya. Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari makanan sehat. Lemak esensial ini sangat penting bagi anak-anak, karena mereka memainkan peran dalam pertumbuhan dan perkembangan dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Terdapat dua jenis asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega-3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3.

Berikut ini merupakan beberapa anfaat penting mengonsumsi minyak ikan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mengurangi Asma

Asma adalah kondisi kronis yang menyerang anak-anak dan orang dewasa. Asma dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala seperti nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk dan mengi. Penelitian menemukan bahwa suplemen asam lemak omega-3 membantu meringankan gejala ini.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Gangguan tidur memengaruhi hampir 4% anak di bawah usia 18 tahun. Mengaitkan kadar asam lemak olemga-3 yang lebih rendah dalam darah dengan risiko masalah tidur yang lebih tinggi. Dalam penelitian juga menemukan bahwa melengapi dengan 600 mg DHA selama 16 minggu menurunkan gangguan tidur. Tidur yang berkualitas cukup dibutuhkan untuk anak-anak, terlebih mereka dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati pada anak-anak, khususnya pembelajaran, memori dan perkembangan otak. dalam penelitian juga ditemukan bahwa tercukupinya kebutuhan asam lemak omega-3 yang tinggi dapat memengaruhi peningkatan kemampuan belajar dan memori verbal.

Agar aman dikonsumsi, pemberian minyak ikan untuk anak perlu diberikan berdasarkan kebutuhan dan takaran yang tepat sesuai petunjuk penggunaan di kemasan produk suplemen minyak ikan. Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak sebelum memberikan Si Kecil suplemen minyak ikan.

Secara umum, pemberian minyak ikan untuk anak cukup aman. Namun, minyak ikan sebaiknya tidak diberikan jika anak memiliki kondisi tertentu, seperti gangguan perdarahan, mengonsumsi obat pengencer darah, atau memiliki alergi terhadap ikan laut dan minyak ikan. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: