YTP 45 Gelar Seminar Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter

(Baliekbis.com), Seminar sehari yang diselenggarakan Yayasan Taman Pendidikan 45 Denpasar ini melibatkan seluruh civitas akademika. Seminar sehari yang bertempat di ruang lab ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Provinsi Bali Prof. Dr. Wayan Windia dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali yang diwakili oleh Ni Made Metti Utami, SKM, Msi, Jumat (28/7/2017).

Seminar sehari yang dilaksanakan Yayasan Taman Pendidikan 45 Denpasar ini mengambil tema “Membangun istitusi pendidikan yang berkualitas dan berkarakter”. Moderator seminar sehari yang juga Ketua STIMAN Taman Pendidikan 45 Denpasar, Wayan Wenten, S.Sos.,S.E.,M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa di zaman modern sekarang ini penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. ”Pendididkan karakter salah satu penunjang proses mencerdasan kehidupan bangsa,” ucapanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali yang diwakili oleh Ni Made Metti Utami,SKM, MSi. mengatakan pembangunan pendidikan di Bali yang berkualitas dan berkarater harus ditunjang dengan pendidikan yang bermutu. Proses pembelajaran menjadi penentu untuk melahirkan pendidikan bermutu dan berkualitas. “Karena dari pendidikan akan mampu mengembangkan potensi diri untuk bisa memiliki kekuatan spiritual keagaman, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan,” terangnya. Lanjutnya, dalam dunia pendidikan fungsi dan peran lembaga pendidikan untuk menjadikan peserta didiknya bermutu dan berkualitas tentu dimulai dari pengembangan pendidikan karakter. “Selama ini visi pembangunan pendidikan di Provinsi Bali adalah mampu mewujudkan SDM yang cerdas, kompetitif dan berwawasan global serta bertumpu pada kearifan budaya Bali dalam mewujudkan Bali yang mandara berlandaskan Tri Hita Karana,” imbuhnya.

Sementara Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan 45 Provinsi Bali, Prof. Dr. Wayan Windia menambahkan kemajuan dunia pendidikan juga tidak terlepas dari jiwa, semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945. “Selain itu, dalam membangun dunia pendidikan yang bermutu dan berkualitas juga dibutuhkan pola pikir seorang pemimpin yang cerdas dalam memimpin sebuah istitusi pendidikan,” tambahnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: