Yoga Damai Gema Perdamaian Dihadiri Peserta dari 31 Kota se-Indonesia

(Baliekbis.com), Acara Yoga Damai digelar Komunitas Gema Perdamaian (GP) dalam rangka Gema Perdamaian ke-19 Tahun 2021 berlangsung sangat meriah.

Acara yang berlangsung secara virtual, Minggu (12/9) dipandu oleh dr. Laksmi Duarsa, Sp.KK ini dihadiri 135 peserta dari 31 kota se-Indonesia. Ketua Panitia GP XIX, I Made Perwira Duta, S.S, CHA mengaku bangga karena para peserta sangat antusias mengikuti Yoga Damai. “Kami sangat bersyukur dan bangga karena semua peserta sangat antusias mengikuti acara Yoga Damai ini dan dihadiri oleh teman-teman dari 31 kota seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurut Perwira, kalau saja Menteri Pemuda dan Olah Raga dan Menteri Kesehatan melihat potensi ini, maka antrian di rumah sakit di seluruh Indonesia bisa dikurangi dan beban APBN untuk membangun fasilitas kesehatan bisa dialihkan untuk membangun fasilitas pencegahan penyakit berupa pusat kebugaran masyarakat dan salah satunya adalah kegiatan beryoga.

Bisa dibayangkan triliunan rupiah uang APBN bisa dihemat karena semua orang Indonesia sehat akibat melakukan yoga. Faktanya, saat ini pasien antri di RS dengan berbagai keluhan menderita 5 besar penyakit rangking atas di Indonesia seperti diabetes, jantung, stroke, kolesterol dan hipertensi.

Karena demikian besarnya manfaat yoga bagi kesehatan, maka Perwira Duta mengajak para peserta untuk membentuk Komunitas Yoga sehingga mendapat bimbingan secara rutin dari master-master yoga dari Pasraman Bali Eling Spirit.

“Jika nanti situasi sudah baik dan pandemi Covid sudah hilang, saya ingin mengajak teman-teman berlatih yoga langsung ke Pasraman Bali Eling Spirit di Gianyar sekaligus reunian,” ajak pria yang juga Ketua Divisi Pawongan, Paiketan Krama Bali ini.

Yoga damai ini dibimbing oleh Master Yoga, Jro Ratni dari Pasraman Bali Eling Spirit. Jro Ratni adalah praktisi dan coach yoga yang telah dikenal luas oleh para penekun Yoga baik di Bali maupun luar Bali dan sudah mendapatkan berbagai penghargaan dan sertifikat kepelatihan Yoga.

Jro Ratni mengaku senang mendapat kesempatan berbagi sambil belajar bersama. Ia bersama tim yoga dari Pasraman Bali Eling Spirit memandu para peserta dari sebuah hotel di Ubud selama 2 jam.

Dengan sabar dan telaten, Jro Ratni memandu para peserta melakukan berbagai gerakan yoga dan diikuti oleh para peserta sambil menjelaskan manfaat masing-masing gerakan bagi kesehatan tubuh.

“Jika teman-teman mau berlatih secara rutin, saya yakin akan bisa merasakan manfaat yoga bagi kesehatan bahkan bisa hidup sehat sampai usia tua. Banyak penyakit akibat stress dan tekanan hidup akan mengendap di bagian tertentu dari tubuh dan jika dibiarkan maka akan menjadi penyakit fisik yang parah. “Yoga dengan gerakan-gerakan khususnya akan mampu merelaksasi otot-otot yang tegang dan terganggu,” ujar Jro Ratni. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: