Yayasan Nyawan Emas Dewata Ikut Sukseskan Gerakan Kedas Sampah Plastik dan Bantu Lansia di Besakih

(Baliekbis.com), Yayasan Nyawan Emas Dewata ikut menyukseskan Gerakan Kedas Sampah Plastik, yang berlangsung di beberapa titik area Pura Agung Besakih, Karangasem, Sabtu (2/2). 

Para pengurus yayasan ikut “mareresik” (bersih-bersih) bersama ribuan masyarakat Bali dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Selain bersih-bersih, dalam kesempatan ini Pengurus Yayasan Nyawan Emas Dewata juga mapunia tong sampah dan sapu lidi untuk ikut menjaga kebersihan areal Pura Besakih.

Setelah itu, mereka bersama Ketua Besakih Bersatu I Wayan Suardana alias Yan Kambing juga mengunjungi sejumlah warga kurang mampu di beberapa titik di Desa Besakih memberikan bantuan kepada lansia kurang mampu berupa kasur dan sembako. Salah satu lansia yang menerima bantuan ini yakni Nyoman Wanten dari Banjar Kedungdung, Desa Besakih.

Ketua Yayasan Nyawan Emas Dewata I Wayan Sunarbawa ditemui di sela-sela acara mengatakan melalui kegiatan mareresik ini pihaknya benar-benar ingin berperan serta aktif ikut mensosialisasikan gerakan anti sampah plastik yang diinisiasi pemerintah.

Partisipasi aktif Yayasan Nyawan Emas Dewata baik dalam aksi bersih-bersih dan kepedulian pada lansia ini juga menunjukkan komitmen kuat dan tulus melakukan bhakti atau kegiatan sosial bagi masyarakat dan lingkungan. 

Diharapkan juga Gerakan Kedas Sampah Plastik yang dimulai di areal Pura Besakih ini mampu menjadi role model dalam pelaksanaan kegiatan  mengurangi sampah plastik. “Kami berkomitmen hadir di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai progam dan kegiatan sosial yayasan,” tegas Sunarbawa.

Terkait dengan kepedulian kepada lansia ini, kegiatan ini sebenarnya telah menjadi agenda rutin Yayasan Nyawan Emas Dewata setiap bulannya. Termasuk juga kedulian kepada anak yatim piatu dan orang-orang berkebutuhan khusus. Pihak yayasan juga kerap memposting warga yang membutuhkan bantuan di media sosial seperti Facebook. Dengan harapan lebih banyak lagi orang-orang yang tergerak hatinya untuk berperan serta dalam membantu meringankan beban warga. 

“Misalnya lewat membantu langsung berupa dana atau barang-barang yang bisa disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan,” ajak Sunarbawa.

Yayasan yang bergerak di bidang sosial, kesehatan, dan ekonomi ini sebelumnya juga dikenal sangat aktif melakukan kegiatan sosial hingga ke sejumlah titik di Bali. Misalnya telah mengunjungi beberapa daerah di Karangasem, Buleleng, Negara (Jembrana) dan beberapa tempat lainnya. Seperti membantu anak putus sekolah dan memberi santunan seperti buku tas dan biaya sekolah.

Menurut Sunarbawa pihaknya juga telah mengagendakan berbagai progam ke depannya. Seperti bekerja sama dengan  pemerintah daerah untuk membantu masyarakat kurang mampu dan disabilitas. Lalu bekerja sama dengan yayasan lain untuk sinergisitas program kerja. “Kami juga berkomitmen membantu meningkatkan industri dan usaha kecil atau UMKM agar mereka bisa lebih berdaya saing dan memajukan usahanya,” tutup Sunarbawa. (wbp)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: