Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan Diresmikan

(Baliekbis.com),Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan di Jalan Imam Bonjol Gang Ulunsuan, Banjar Abiantimbul, Desa Pemecatan Kelod, Denpasar Barat diresmikan Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede,SH, Minggu (2/2/2020).

Ketua Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan A.A. Putra Juni Adi, ST mengatakan yayasan yang didirikannya ini juga sudah mengantongi izin dari Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: AHU-0010503.AH.01.04.Tahun 2019.

“Tujuan dibentuknya Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan adalah untuk tetap bisa menjaga tradisi dalam berkesenian. Bahkan untuk bisa menopang kegiatan-kegiatan yang ada di Pura Dalem Ulunsuan dengan terus bisa mengadakan pelatihan untuk kepemangkuan dan mengadakan serati banten,” terangnya.

Lanjut Gung Adi, dengan telah diresmikan Yayasan Jaya Swara Pura Dalem Ulunsuan ini tentu ke depannya akan lebih mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih baik dan maju.

“Kita akan awali dengan kegiatan di sanggar tari, sebab peresmian yayasan juga bertepatan dengan peresmian sanggar tari Seraya Taksu. Dimana semuanya ini tidak terlepas dari pengembangan seni dan budaya,” ucapnya.

Gung Adi menjelaskan nantinya melalui sanggar tari yang dimiliki akan terus bisa mengajak generasi mud berkesenian, khususnya untuk tari, tabuh, kawitan dan makidung. “Memang kita sadari betul untuk berbagai kegiatan yang akan dilakukan akan membutuhkan biaya. Untuk di awal kegiatan yang akan dilaksanakan sudah ada dana kas dari Pura Dalem Ulunsuan, namun tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta sebagai pendukung dana,” imbuhnya.

Sementara dari Ketua Bidang Pendidikan dan SDM di PHDI yang juga sebagai pengempon di Pura Dalem Ulunsuan, Jro Mangku I Wayan Dodi Ariyata menambahkan sangat penting di Pura Dalem Ulunsuan ada yayasan. Karena di Pura Dalem nantinya tidak hanya sekadar dipakai untuk membangun infrastruktur dan upacara saja. Namun ke depannya bisa mengembangkan SDM melalui pelatihan, serati banten, dan berkesenian.

“Apalagi di Yayasan Jaya Swara ini juga terdapat sanggar. Pastinya untuk bisa memajukan dan mengembangkan seni, budaya dan spiritual tidak akan sulit. Buktinya umat lain dengan adanya yayasan, bisa berkembang dan maju dengan pesat. Nah kenapa kita sebagai umat Hindu tidak bisa,” tambahnya.

Disisi lain Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, SH berharap Yayasan Jaya Swara bisa memberikan contoh yang baik dalam pengembangan seni dan budaya yang ada di Kota Denpasar. Namun di balik itu Yayasan Jaya Swara juga harus bisa mengacu pada kesejahteraan masyarakatnya terutama pada masyarakat pengempon Pura Dalem Ulunsuan. Apalagi dengan perkembangan zaman yang sudah modern sekarang ini, maka mau tidak mau harus terus ikut melestarikan seni budaya agar lebih maju dan berkembang. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: