Workshop Kesehatan Reproduksi dan Perawatan Bayi Untuk Keluarga Tunanetra Bali

(Baliekbis.com), Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan DPD Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) Provinsi Bali menyelenggarakan Workshop Kesehatan Reproduksi dan Perawatan Bayi.

Workshop yang diselenggarakan pada 28 November di Hotel Nirmala dihadiri 40 perempuan tunanetra dan anak dari tunanetra yang katagori remaja. Workshop menghadirkan narasumber dokter spesialis kandungan Dr. Made Tangkas SpOg.,MPH dan dokter spesialis anak Dr.Ni Made Sumiartini, Sp.A.

Dimana kegiatan workshop ini diselenggarakan sebagai bagian dari gerakan jana kerti atau peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tunanetra dan keluarganya. Dr. Tangkas mengingatkan agar para ibu memperhatikan kesehatan reproduksi mereka dengan baik.

Bagi yang merencanakan kehamilan, maka persiapan matang harus dilakukan, baik menjelang kehamilan, saat kehamilan dan setelah melahirkan. Sementara Dr. Ni Made Sumiartini mengingatkan banyak mitos yang kini sudah tidak perlu lagi. Seperti bayi lepas tali pusar adalah alami, tak perlu perawatan khusus.

Dokter anak ini menegaskan bahwa yang terpenting dalam merawat anak adalah filosofi asih, asah, dan asuh. Mengasihi, mengembangkan talenta dan merawat anak dengan baik. Workshop ditutup dengan pemaparan dan teknik memandikan bayi. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: