Wisata Jurnalis-BI, Menikmati Aroma Rempah dari Puncak Gunung Gamalama

(Baliekbis.com), Wartawan yang biasa melakukan liputan ekonomi, Senin ( 26/02) mengunjungi kawasan wisata Gunung Gamalama bersama Kepala Bank Indonesia Maluku Utara, Dwi Tugas Waluyanto beserta beberapa stafnya. Wisata pertama jurnalis ini dimulai dari puncak Gunung Gamalama Ternate, tepatnya di lokasi Ake Tege-Tege Kulurahan Marikurubu, yang terkenal karena sejarah Cengkeh Afo yang tertua di dunia.

Berkunjung ke tempat wisata Cengkeh Afo ini para jurnalis banyak menggunakan kendaraan roda dua karena ingin melihat kota Ternate yang cantik dari atas puncak Gunung Gamalama.

“Kita harapkan setelah melihat langsung kawasan ini, teman-teman jurnalis ikut membantu mempromosikan tempat wisata terutama mengenal lebih dekat lagi tentang minuman dan makanan khas orang Maluku Utara,” ujar Kepala BI Maluku Utara Dwi Tugas Waluyanto disela sela kunjungan tersebut.

Di tempat ini biasanya pengunjung disajikan makanan dan minuman yang sangat berbeda yakni masakan, minum dan makan di kebun. Seperti menikmati minuman Air Sere atau dalam bahasa Ternate, Sara Bati yang dicampur dengan daun pandan, ada juga makanan Boko-Boko yang terbuat dari ubi, dimasak menggunakan bambu.

Jika diamati makanan tradisional yang dbuat ibu-ibu itu, seluruhnya dimasak tidak menggunakan kompor gas, melainkan dari kayu bakar. Hal ini agar kelestarian budaya orang Ternate tidak hilang, dan yang paling menariknya lagi, tentunya dapat menghemat BBM. “Kami para jurnalis sangat menikmatinya sepertinya tidak mau berajak dari tempat ini,” ujar Rusdi, salah seorang jurnalis TV setempat. Memang tempat yang dikunjungi ini masih sangat natural.

Menurut kontributor Metro TV Maluku Utara, Sahrudin pengembangan tempat wisata Cengkeh Afo ini terus ditingkatkan karena merupakan tempat yang unik dimana lokasinya berada di atas puncak Gunung Gamalama. Untuk itu pemerintah setempat terus menatanya agar kunjungan wisatawan dapat meningkat.

Pengembangan kawasan wisata Cengkeh Afo ini juga melibatkan Dinas Pariwisata dan Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara untuk bersama sama berupaya mendorong agar perekonomian masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dapat meningkat. (udi)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: