Wawali Jaya Negara Hadiri Upacara Yadnya di Banjar Batanancak

(Baliekbis.com), Krama Banjar Batanancak, Desa Pakraman Tonja, Denpasar pada Kamis (5/10) menggelar upacara Ngingsah, Mlaspas Pedagingan dan Uparangga Mecaru serangkaian Karya Padudusan Alit, Ngenteg Linggih dan Mupuk Pedagingan Ida Begawan Penyarikan Ring Pengulun Banjar. Kehadiran Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara dalam upacara ini  didampingi oleh Camat Denpasar Utara, Nyoman Lodera dan disambut hangat oleh masyarakat setempat.  Rangkaian upacara yang dipimpin oleh Ida Pedanda Grya Gede Bindu dan Ida Rsi Begawan Sebali ini, berlangsung hikmat dengan dihadiri seluruh masyarakat.

Kelian Banjar Batanancak, I Made Sunantra didampingi Ketua Panitia, I Made Ardana menjelaskan pelaksanaan upacara Yadnya yang dilangsungkan kramanya ini murni dari hasil swadaya masyarakat Banjar Batanancak yang terdiri dari 53 KK. “Rangkaian Upacara Yadnya ini telah dipersapkan sejak sebulan yang lalu dan merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh masyarakat Banjar Batanancak”, ujar I Made Sunantra.

Lebih lanjut disampaikan, rangkaian upacara ini dimulai pada Rabu (20/9) dengan upacara nuasen nanceb surya, panggung lan uparengga, dilanjutkan nunas pakuluh, nanceb sanggah cucuk pengideh dan neteg beras pada selasa (3/10), dilanjutkan pada Kamis (5/10) dengan Ngingsah, Mlaspas Pedagingan dan Uparangga Mecaru, melasti dan mendak sui pada jumat (6/10), lalu puncak karya, nyenuk ngubeng dan ilen- ilen piodalan pada sabtu (7/10), nganyarin pada minggu (8/10) dan senin (9/10) dan diakhiri dengan nyegara gunung, penyineban dan bale- balean primbon pada selasa (10/10),” tambahnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: