Wanita Ini Kembangkan Potensi Diri Lewat Aplikasi Video Pendek

(Baliekbis.com), Kehadiran media sosial seyogyanya mempengaruhi kehidupan sosial. Hal tersebut memberikan dampak terhadap pola pikir masyarakat yang kini menjadi lebih terbuka. Tidak hanya menjadi tempat untuk menuangkan aspirasi, namun media sosial kerap menjadi tempat untuk mengembangkan potensi diri.

Bella Suciama adalah seorang wanita berusia 24 tahun asal Jogja yang berhasil memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk berkarya sekaligus mendapatkan penghasilan sebagai influencer di Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka. Pada tahun 2017, Bella mengawali karirnya saat ia melihat aplikasi Likee lalu mengunduh dan mencoba aplikasi tersebut. Bella tidak menyangka bahwa keisengannya saat itu bisa membuatnya menjadi influencer.

“Awalnya aku mengira Likee adalah aplikasi untuk edit video aja, ternyata melalui Likee, aku bisa membagikan video hasil karyaku yang mulai disukai orang dan akhirnya aku punya kesempatan untuk menjadi influencer dan merasakan berbagai pengalaman baru yang tak terlupakan.” 

Mendapatkan penghargaan sebagai content creator terbaik

Bella gemar mengekspresikan dirinya melalui video pendek dan mahir dalam berbagai jenis konten yang terlihat pada akunnya. Video transisi merupakan video pertama yang Bella unggah sekaligus menjadi jenis konten yang melambungkan namanya di mana ia berhasil menjadi influencer yang meraih Likee Awards 2019 pada kategori transisi.

Sebelum aktif di Likee, Bella sehari-hari menjaga toko sepatu dan tas miliknya. Saat ini, Bella masih mengurus tokonya namun lebih aktif di Likee. “Aku udah cocok banget sama Likee. Memang pada dasarnya kan aku suka buat video, dan aku seneng karena karya yang aku buat mendapatkan apresiasi. Lewat Likee, aku ketemu teman-teman yang supportive dan mendapatkan banyak pengalaman.”

Melakukan hobi tanpa tergantung pada suami

Saat ini Bella telah menikah, menjadi seorang istri dan tetap menjalankan karirnya bukanlah hal yang sulit untuk Bella. Membagi waktu antara keluarga, menjadi influencer dan tetap menjalankan usaha tas dan sepatunya ia lakukan dengan mudah. 

Menjadi influencer memberikan Bella waktu yang fleksibel sehingga Bella memiliki keleluasaan untuk mengatur jadwal dan menjalankan tanggung jawabnya dengan efektif. Bella juga dapat dengan mandiri membeli kebutuhan hariannya termasuk yang berhubungan dengan profesinya sebagai influencer. Tak heran jika sang suami sangat mendukung kegiatan Bella.

“Penghasilan yang aku dapat dari Likee bisa dibilang lumayan sih, bisanya buat beli makeup, alat-alat studio, dan buat kebutuhan konten juga. Suami aku dukung banget, bahkan dia suka tanya kalo aku lagi ngga bikin video dan kasih semangat supaya aku rajin bikin video.”

Menyuarakan pesan positif melalui komunitas

Hubungan erat yang terjalin antar pengguna Likee adalah salah satu alasan yang membuat Bella menjadi sangat passionate terhadap Likee. Tidak pernah bertatap langsung sebelumnya, Likee akhirnya membentuk komunitas pada akhir tahun 2019 dan banyak melakukan serangkaian aktivitas positif. Salah satunya adalah ‘Sehat Bersama Likee’ yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna Likee terhadap pentingnya pola hidup sehat, salah satunya dengan rajin berolahraga.

Menjadi bintang tamu acara TV

Dengan berbagai kegiatan rutin yang dilakukan bersama dalam komunitas, Bella bercerita bahwa ia dan beberapa anggota komunitas Likee diundang menjadi bintang tamu sebuah acara bincang-bincang di layar kaca. Acara tersebut bertajuk ‘Ayo ngopi’ atau Ayo ngobrol positif tentang Indonesia yang tayang di TVRI. Memiliki pembahasan tentang toleransi terhadap keberagaman bangsa, program tersebut mengundang komunitas Likee yang salah satu anggotanya adalah Bella.

“Ini jadi kali pertama aku masuk menjadi bintang tamu di acara TV. Hal ini membuat aku sadar bahwa keberadaan komunitas Likee kini semakin besar. Dengan berbagai pengalaman yang aku dapat, aku dan teman-teman tentu akan terus aktif dalam menyebarkan pesan kebaikan terutama untuk generasi penerus bangsa.”

Mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, Bella membagikan rencana kedepan komunitas Likee yang salah satunya adalah membuat kompetisi menari di Jogja. “Dengan banyaknya pengalaman yang udah aku peroleh dan serangkaian kegiatan yang akan aku jalani, aku memang udah nyaman di Likee. Ibaratnya udah ‘nyebur’ terlalu dalam, jadi makin aku seriusin.” (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: