Wamen PUPR Sidak Pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena

(Baliekbis.com), Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo turun langsung memeriksa kondisi jalan Jayapura-Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang berjarak 575 Kilometer.

Dari perjalanan itu, ia mendapati banyak jalan yang kondisinya tak layak karena rusak. “Saya menemukan beberapa jalan aspal yang diberikan garis pembatas lantaran mengalami kerusakan atau amblas di Distrik Senggi dan Waris (Kabupaten Keerom). Tak hanya itu, di Distrik Airu (Kabupaten Jayapura) tiga titik jalan yang sangat sulit dilalui karena tekstur jalannya berlumpur,” jelas John Wempi pada, Rabu (13/1/2021).

John Wempi pun kembali ke Jayapura setelah mencapai Kampung Ruja, Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo, tepatnya pada Kilometer 320 Jalan Trans Papua. John Wempi menyoroti beberapa titik jalan di Distrik Airu yang sulit dilalui karena berlumpur walau sudah dibuat pengalihan jalan. Ia menyayangkan kondisi itu tidak diakali dengan baik oleh pekerja padahal ada banyak material batu dan kayu yang bisa digunakan untuk menutupi.

“Saya berkesimpulan bahwa orang-orang yang bekerja ini tidak ikhlas. Ini kan dibiayai oleh negara, saya harap bisa konsisten. Saya minta Satker dan PPK tolong awasi pemenang. Kalau ada jembatan rusak seharusnya dengan kesadaran sendiri diperbaiki tidak perlu tunggu perintah,” katanya.

John Wempi mengaku banyak menerima keluhan dari masyarakat yang biasa menggunakan ruas jalan itu.  Sehingga, ia pun berinisiatif memeriksa langsung kondisi jalan Jayapura-Wamena saat berada di Kota Jayapura. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: