Walikota Denpasar Minta Pemedek Jaga Kebersihan dan Kesucian Pura

walikota-hadiri-padudusan-agung-d-pura-uluwatu-4

 

(Baliekbis.com), Piodalan di Pura Luhur Uluwatu berlangsung setiap Anggara Kasih Medangsia, Selasa (27/9), piodalan kali ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Karya Pedudusan Agung yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Tampak banyaknya pemedek yang tangkil untuk melakukan persembahyangan ,tidak terkecuali Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra , Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar IGN Mataram serta Pimpinan Perangkat Daerah  melaksanakan Bhakti Pujawali.   

Dudonan Karya Padudusan Agung yang dilaksanakan oleh Desa Adat Pecatu bersama Angga Puri Jro Kuta dan Puri Celagi Gendong  ini sudah dimulai pada Wrespasti Wage Sungsang 1 September 2016 lalu dan Penyineban akan dilaksanakan pada Anggara Paing Pujut 4 Oktober 2016 yang akan diselenggarakan oleh Pemkot Denpasar. Penglingsir Puri Jro Kuta IGN Mandala Putra yang merupakan Ketua Panitia Karya mengatakan, upacara kemarin merupakan puncak karya Padudusan Agung, Ida Betara nyejer selama tujuh hari. Padudusan Agung pada hari Selasa (27/9) merupakan rangkaian upacara setiap lima tahu sekali. “Ini sudah ditetapkan dalam awig-awig Desa Ada Pecatu bersama Puri Agung Jro Kta dan Puri Agung Celagi Gendong dan serangkaian menyambut Upacara Panca Wali Krama”, ujarnya.

Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari namun tak terlepas dari hal tersebut, diharapkan untuk pemedek selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kesucian Pura serta membuang pada tempatnya sarana-sarana persembahyangan yang telah selesai dipakai. (eka/ist)

walikota-hadiri-padudusan-agung-d-pura-uluwatu-1

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: