Wagub Ajak Warga Doakan Kondisi Gunung Agung

(Balikekbis.com), Wagub Sudikerta mengajak seluruh masyarakat meningkatkan rasa bakti dan gotong royong dalam pelaksanaan upacara yadnya. Sehingga tumbuh rasa iklas dan kebersamaan. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri karya Padudusan agung, mamungkah, nubung pedagingan lan ngenteg linggih di pura puseh Desa Pakraman Tulangnyuh Klungkung, yang didampingi Kadispora Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa, Rabu (27/9).

Lebih lanjut Sudikerta juga meminta warga setempat untuk ikut mendoakan agar kondisi Gunung Agung bisa kembali aman seperti sediakala, sehingga puluhan ribu warga karangasem yang berada di pengungsian bisa kembali pulang ke rumah Mereka masing masing. Ditambahkannya, dalam kondisi seperti ini sebaiknya seluruh warga yang ada di Bali tanpa memandang ras, suku dan agama bahkan tingkat kemampuan untuk bisa saling membantu dan bahu-membahu antarsesama, sehingga mereka yang mengungsi dapat diringankan beban dan spikologisnya,  mengingat kepastian kondisi Gunung Agung yang tidak dapat diprediksi secara jelas. Pada kesempatan ini,  Wagub Sudikerta juga diminta secara langsung untuk ikut Mendem pedagingan di pelinggih balai prasti Pura setempat.

 Bendesa adat setempat, Wayan Sudarma mengatakan sangat bersyukur atas kehadiran Wakil Gubernur Ketut Sudikerta sekaligus menyaksikan prosesi pelaksanaan yadnya di Pura Puseh Desa Pakraman Tulangnyuh-klungkung. Di hari yang sama Wagub Sudikerta juga menghadiri karya mamungkah melaspas pedagingan ngenteg linggih lan mepedudusan ring Griya Kaleran Manuaba Blahbatuh Gianyar. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: