Visitasi dan Penilaian BUMN CSR Award di The Patra Bali Resort & Villas

(Baliekbis.com), The Patra Bali Resort & Villas mengadakan sosialisasi dan wawancara site visit dengan Tim Penilai BUMN CSR Award bertempat di Gianyar Room, The Patra Bali Resort & Villas, Selasa (21/9). Hal itu merujuk pada surat yang diterbitkan oleh Panitia BUMN CSR Award Tahun 2021 mengenai permohonan Audensi oleh Tim Penilai CSR Award.

Kegiatan itu dihadiri Ketua BUMN CSR Award Provinsi Bali Ni Made Widani, SE, MM, didampingi Sekretaris I Nyoman Wira Kusuma, SE, MM. Sedangkan dari The Patra Bali hadir GM The Patra Bali Suwardi didampingi Ketua CSR Unit The Patra Bali Kadek Dwi Wirati dan Tim Manajemen.
Tim Dewan Juri dipimpin AA Elik Astari SE, MM. Kegiatan ini juga melibatkan pasangan Teruna Teruni Bali sebagai Duta BUMN CSR Award.

GM The Patra Bali Suwardi menjelaskan sebagai salah satu anak perusahaan BUMN, The Patra Bali Resort & Villas selalu menerapkan prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengacu pada ISO 26000 yakni menerjemahkan tanggung jawab sosial atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan dan etis yang konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat, memperhatikan kepentingan para stakeholder sesuai hukum yang berlaku dan konsisten dengan norma-norma internasional serta terintegrasi di seluruh aktivitas organisasi meliputi kegiatan, produk maupun jasa.

Sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, The Patra Bali Resort & Villas sebagai salah satu unit kerja PT Patra Jasa (anak perusahan PT Pertamina) yang beroperasi di Bali selama 46 tahun, menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Tujuannya untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat sebagai salah satu stakeholder dengan ruang lingkup Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat, Sarana dan Prasarana Umum dan Bencana Alam dan Keagamaan.

Dijelaskan, kegiatan sosial yang dilakukan The Patra Bali Resort & Villas bukan semata hanya untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat ataupun lembaga survey, namun ini merupakan bentuk rasa syukur dari perusahaan atas pencapaian selama beroperasi.

Tahun 2021, The Patra Bali juga memberikan CSR rutin seperti tahun sebelumnya ke lingkungan dan wilayah area hotel seperti suplai air bersih untuk Pura Celuk Waru, Pantai Nelayan dan Banjar Segara, standby setiap saat suplai listrik untuk Banjar Segara, bekerja sama dengan seniman lokal menyelenggarakan pertunjukan Rindik dan Tari Ramayana di The Patra Bali Resort & Villas.
Donor darah setiap 4 bulan dan mempekerjakan 2 orang tenaga kerja difabel.

Untuk CSR yang sudah dilaksanakan di bulan Januari- Agustus 2020 antara lain Bantuan Sarana & Prasarana Air Bersih untuk Kelompok Nelayan Pantai Sekeh Rp 75.000.000, Pembuatan Sistem Air Bersih dengan Metode Zoning di Dusun Auman Desa Pelaga Petang Rp 125.000.000, Memberikan Pelatihan Keterampilan Kepariwisataan untuk Siswa SMK / Karang Taruna di Daerah Tujuan Wisata dengan anggaran Rp 125.000.000 dan
Pembinaan dan Pelatihan Keterampilan Pembuatan Dupa Sehat Alami Suci Berbudaya Bali di Banjar Danginsema, Tumbakbayuh Badung dengan anggaran Rp 75.000.000.

Sedangkan CSR 2021 di bulan Oktober 2021 yakni
Melanjutkan Pembinaan dan Pelatihan Keterampilan Pembuatan Dupa Sehat Alami Berbudaya Bali di Banjar Danginsema, Tumbakbayuh Badung, dengan anggaran Rp 35.000.000, berbagi sembako dengan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan
beberapa kegiatan sosial lainnya. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: