Untab Akan Miliki Tiga Prodi Tambahan

(Baliekbis.com), Universitas Tabanan (Untab) memasuki tahun 2018 akan ada penambahan tiga Program Studi (Prodi) yakni Prodi Agrobisnis, Prodi Teknik Arsitektur, dan Prodi Teknik Komputer. “Sebelumnya Untab sudah memiliki tiga Fakutas yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian,”ujar Rektor Untab, I Gede Made Rusdianta, Senin (8/1).

Dikatakan, untuk bisa menjadikan Untab lebih maju dan perkembang sesuai anjuran dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti) adalah bisa memiliki 10  Prodi, namun dari Untab sendiri untuk bisa memenuhi 10 Prodi prosesnya akan bertahap. ”Untuk tahun 2018 ini Untab baru bisa memenuhi tiga prodi saja, sebab membutuhkan waktu untuk menyiapkan SDM dosen yang berkualitas,” terangnya.

Kemudian untuk di Untab dari tiga fakultas yang ada semuanya sudah terakreditas B, bahkan tahun 2018 ini juga sudah memiliki 2 doktor. Selain itu, Untab juga kedepanya berencana ingin membuka Program Pascasarjana, namun harus memiliki sedikitnya 6 doktor. “Sekarang ada 2 doktor, dan yang sudah masuk kandidat doktor 8. Dipastikan tahun 2019 lulus 2 doktor hingga total 4 doktor. Pastinya bisa membuka Pascasarjana di tahun 2020 mendatang,”ucapanya.

Kemudian, dosen yang ada di Untab terus didodrong untuk bisa melanjutkan S3 dan bisa mencari gelar doktor. Tidak itu saja, Untab juga sudah mengusulkan ke BAN-PT agar secepatnya di tahun 2018 ini bisa keluar akreditasi institusi yang baru yang disesuaikan oleh Kemeristekdikti, sebab Untab dulunya hanya berstastus terakreditasi di Prodi saja.

“Apalagi Untab sudah sepenuhnya mulai berbenah, baik dari peningkatan kualitas dosen dari S2 ke S3 atau doktor hingga para pegawai di lingkungan Untab yang bersatus SMA/SMK agar seluruhnya bisa bergelar S1,”jelasnya. Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pihaknya akan membentuk sebuah tim promosi. Dan tim promosi inilah yang nantinya akan mendatangi seluruh sekolah SMA/SMK di Tabanan, baik bertatap muka langsung dengan siswa maupun penyebaran brosur nantinya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: