UNR Sambut Hari Raya Saraswati Lewat Persembahyangan Bersama

(Baliekbis.com), Perayaan hari raya Saraswati tentu sangat bermakna bagi seluruh umat Hindu. Apalagi perayaan hari raya Saraswati ini dilaksanakan setiap 210 hari sekali yang bertepatan dengan Saniscara Umanis Wuku Watugunung, Sabtu (19/8). “Pada perayaan hari raya Saraswati seluruh Civitas Akademika UNR melaksanakan persembahnyangan bersama di Pura Kampus yang juga dimaknai sebagai hari turunnya Ilmu Pengetahuan,”ujar Ketua Yayasan Jagathita UNR, Dr. Drs. Anak Agung Gede Raka, M.Si, Minggu (20/8).

Dikatakan, perayaan hari raya Saraswati ini juga patut menjadi pedoman untuk terus mengasah dan menggali Ilmu Pengetahuan guna menghadapi tantangan dalam kehidupan yang semakin keras pada zaman modern saat ini. “Dimana perayaan hari raya Saraswati pemujaan yang dihaturkan kehadapan Dewi Saraswati selaku saktinya Dewa Brahma dan diperingati secara khusus karena sebagai lambang Ilmu Pengetahuan,”terangnya. Dijelaskan, Ilmu Pengetahuan yang dimaksud mengasah pikiran, logika, dan nalar serta seni untuk mengasah rasa, mengasah hati dan mengasah ketrampilan dalam mempraktekan Ilmu Pengetahuan itu sendiri.”Jadi, manusia sebagai ciptaan Tuhan yang memiliki kelebihan dibandingkan ciptaan lainnya tidak hanya sekedar  diberikan pikiran (idep) namun juga Ilmu Pengetahuan yang menjadikan manusia lebih sempurna sehingga patut disyukuri,”ucapnya.

Menurutnya, dengan terus mengasah Ilmu Pengetahuan menjadikan setiap orang menjadi lebih bijaksana. Dari pelaksanaan perayan hari raya Saraswati ini hendaknya lebih mengucapkan angayubagia kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, sebab dari beliaulah kita dikaruniai idep dan rasa untuk lebih menghayati Ilmu Pengetahuan. “karena dengan memiliki Ilmu Pengetahuan yang cukup, wawasan yang cukup, rasa yang halus kita menjadi bijaksana,”imbuhnya. Ditambahkan, Ilmu Pengetahuan dalam kaitannya dengan kehidupan dunia pendidikan ini sesungguhnya sudah kita lakoni dikehidupan sehari-hari lewat yang namanya penerapan pendidikan karakter. Karena Perguruan Tinggi sendiri memandang Ilmu Pengetahuan sangatlah penting untuk menjadikan setiap lulusan lebih maju dan berkualitas. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: