UMKM Denpasar Kembali Terlibat di Pameran Kriyanusa

(Baliekbis.com), Kriyanusa menjadi salah satu ikon pameran kerajinan terbesar yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).  Tahun ini, KriyaNusa diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 15 September 2019 di Jakarta. Pameran bertema ‘Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan’ ini melibatkan binaan UMKM Dekranasda seluruh Indonesia. 

Ibu Negara Iriana Joko Widodo Rabu, (11/9) menghadiri acara pembukaan Pameran Kriyanusa 2019 yang digelar di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang sekaligus sebagai Ketua Umum Dekranas, dan Ketua Harian Dekranas Ibu Erni Tjahjo Kumolo juga tampak hadir. Pada acara pembukaan ini, tampak hadir juga sejumlah istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), berbagai organisasi kewanitaan, dan para pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi dan kabupaten/kota dari seluruh Indonesia. Pameran Kriyanusa merupakan pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) setiap tahunnya. UMKM binaan Dekranasda Denpasar kembali dilibatkan yang telah mendapatkan kurasi dari tim Dekranasda Denpasar.

“Pameran KriyaNusa menjadi event yang kita nanti untuk kembali menampilkan dan melibatkan UMKM Denpasar untuk mempromosikan produknya,” ujar Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra yang hadir bersama Wakil Ketua Dekranasda, Ny. Antari Jaya Negara, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Denpasar, I Made Saryawan serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Made Erwin Suryadarma Sena. Tentu Denpasar dengan produk UMKM yang kaya corak dan warna serta khas dengan sentuhan kreativitas dan inovasi lewat binaan-binaan yang rutin digelar bersama OPD Disperindag Denpsar, Dinas Koperasi dan UKM serta Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam. Dari binaan ini kami mengetahui kualitas, kendala yang dihadapi perajin serta membahas perkembangan promosi produk kedepan. Pembinaan ini juga nantinya diharapkan dapat dijadikan acuan dalam melakukan langkah-langkah kedepan dalam pengembangan produk UMKM Denpasar. Lewat event Kriyanusa juga kami berkeinginan produk UMKM Denpasar  lebih dikenal disamping gelaran promosi ditingkat daerah. Kesempatan ini bagi para UMKM tidak saja menjadi ajang berpameran produk namun mampu memberikan peningkatan wawasan dengan melihat hasil kreativitas produk UMKM daerah lainnya di Indonesia. “Dengan keterlibatan produk UMKM Denpasar pada Kriyanusa dapat lebih dikenal dan masyarakat dapat lebih mencintai produk kreatif dari daerah-daerah di Indonesia,”ujarnya.

Menurut Ketua Harian Dekranas Erni Tjahjo Kumolo, Pameran Kriyanusa 2019 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Dekranas ke-39. Pameran ini diselenggarakan Dekranas secara berkala dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat. “Tema Pameran Kriyanusa tahun 2019 adalah Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan,” kata Ny. Erni Tjahyo Kumolo.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dekranas Ny. Mufidah Jusuf Kalla mengungkapkan Dekranas dan Dekranasda bersama instansi terkait telah melakukan beberapa upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing. “Hasilnya akan ditampilkan pada Pameran Kriyanusa 2019 ini,” kata Ibu Mufidah.

KriyaNusa 2019 ini juga digelar berbagai kegiatan unik dan menarik setiap harinya, diantaranya: fashion show, workshop Ragam Hias Tengkuluk (Dekranasda Jambi), pentas seni budaya, workshop pembuatan Tas Lidi dari bahan baku Lidi Cambia, workshop Padupadan Wastra Nusantara, penampilan dari Golden Mum’s, serta live musik. (pur)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: