UGM Sabet 10 Medali Kompetisi Nasional MIPA 2020

(Baliekbis.com), Delegasi UGM berhasil membawa pulang 10 medali dari Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) 2020.

Berdasar pengumuman yang dirilis secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada Kamis (10/9) malam UGM meraih 10 medali dari bidang Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Kesepuluh medali tersebut meliputi 2 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

“Kita bersyukur atas capaian ini,  ada peningkatan raihan medali dibandingkan tahun lalu. Selamat kepada tim mahasiswa KNMIPA dan juga dosen pembimbing/pelatih serta pembina yang luar biasa dalam menyiapkan kontingen KNMIPA secara daring karena kondisi pandemi ini. Sekali lagi selamat,” ucap Kasubdit Bidang Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswa UGM, Dr. Suherman, Jum’at (11/9).

Suherman mengatakan dalam kompetisi itu UGM mengirimkan 11 mahasiswa. Dari jumlah tersebut 10 orang diantaranya berhasil menyabet medali. 

Medali emas berhasil diraih oleh Waffiq Maaroja (Fakultas MIPA) di bidang matematika dan Satria Widyanto (Fakultas Teknik) di bidang fisika. Sementara medali perak berhasil disumbangkan oleh Rayhan Alghiffari Azizi (Fakultas MIPA), Gusti Putu Surya Govinda Atmaja (Fakultas Teknik ) di bidang fisika dan Zayyani Trianti Fatmasari (Fakultas MIPA) dan Muh Al Farizi (Fakultas MIPA) di bidang kimia.

Berikutnya, medali perunggu disabet oleh Muhammad Fadlan (Fakultas MIPA) dan I Komang Sadhu Gunawan (Fakultas MIPA) di bidang matematika. Lalu,  Stefen Rusli (Fakultas MIPA) di bidang kimia dan I Gusti Made Raka A.A (Fakultas Biologi) di bidang biologi.

Capaian tersebut sekaligus mengantarkan UGM pada posisi Juara Umum 3. Sementara urutan pertama dan kedua secara berurut diraih ITB dan UI.

Suherman menambahkan tiga mahasiswa UGM yang berhasil memperoleh medali bidang matematika berkesempatan mengikuti seleksi di tingkat nasional. Nantinya mereka akan diseleski kembali untuk mewakili Indonesia di International Mathematic Competition (IMC) 2020. 

Kompetisi Nasional MIPA merupakan kompetisi nasional yang rutin digelar setiap tahun oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemdikbud yang sebelumnya bernama ON MIPA. Memperlombakan empat bidang, yakni matematika, fisika, kimia, dan biologi yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada kompetisi ini memperebutkan 12 medali emas,  20 medali perak, 28 medali perunggu dan 12 honorable mention. (ika)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: