UGM Lakukan Skrining Pada Sivitas Akademika

(Baliekbis.com), Universitas Gadjah Mada mendorong seluruh sivitas akademikanya baik mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan untuk melakukan skrining mandiri.

Skrining dilakukan dengan menghimbau sivitas UGM mengisi formulir skrining mandiri melalui sistem informasi terintergasi (SIMASTER) atau aplikasi SIMASTER mobile. Adapun data yang tersimpan dalam formulir tersebut hanya akan digunakan oleh tim Satgas Covid-19 UGM untuk kepentingan mitigasi.
“Skrining dilakukan  untuk melihat siapa yang berisiko atau mungkin perlu melakukan tes sehingga bisa memfasilitasi” kata dr. Riris Andono Ahmad, M.P.H., Ph.D., tim Covid-19 UGM, Jum’at (20/3).
Dengan kata lain skrining ditujukan untuk penilaian risiko guna pemetaan situasi serta tindak lanjut untuk perlindungan dan keselamatan. Skrining ini dilakukan sebagai upaya antisipasi dan menyiapkan serta membantu kebutuhan layanan kesehatan sivitas UGM.
Doni sapaan akrabnya menyebutkan bahwa UGM telah menyediakan beragam materi tentang Covid-19, cara penularan, gejala, pencegahan hingga sosial distancing dan isolasi mandiri. Selain itu juga  melakukan edukasi dan promosi kesehatan terkait perilaku hidup bersih untuk mencegah risiko terhadap pribadi ataupun lingkungan.
“Kita banyak produksi materi komunikasi untuk memberikan pemahaman dan meluruskan keseimpangsiuran informasi,”terangnya.
Upaya sosialisasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada seluruh sivitas UGM juga terus dilakukan. Sivitas UGM dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik, meminimalisir berkegiatan di luar rumah, serta menghindari kerumunan.
“UGM memastikan untuk menurunkan berbagai kegiatan untuk mengcegah penularan seperti membatasi mobilitas ke dalam dan luar negeri, perjalanan ke Jakarta, melakukan kuliah online, dan bekerja dari rumah,”urai dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) ini.
Sejumlah cara telah dilakukan UGM untuk mengendalikan persebaran virus corona di lingkungan kampus. Setelah sebelumnya menetapkan status awas dan melakukan upaya tanggap darurat penanganan Covid-19, UGM juga melaksanakan penyemprotan disenfektan di lingkungan kampus. (ika)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: