UGM dan Pemkab Puncak Papua Jalin Kerja Sama

(Baliekbis.com), Universitas Gadjah Mada (UGM) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Puncak Papua dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kesepakatan kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) oleh Rektor UGM,  Prof.Ir.Panut Mulyono,  M.Eng.,D. Eng.,IPU.,ASEAN.Eng., dan Bupati Pemerintah Kabupaten Puncak Papua, Williem Wandik, SE., M.Si., di Ruang Tamu Rektor UGM, Senin (16/3).

Williem Wandik menyampaikan Kabupaten Puncak Papua saat ini telah mengalami  kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai upaya dilakukan guna mempercepat pembangunan, termasuk pembangunan sumber daya manusia Puncak Papua. Untuk mempercepat pembangunan sumber daya  manusia yang berdaya saing, pihaknya memberikan beasiswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi kepada putra putri Puncak Papua.

“Kami banyak memberikan beasiswa pada anak-anak Puncak Papua untuk lanjut studi di perguruan tinggi. Namun,  kami sangat berharap ada beberapa yang nantinya bisa diterima kuliah di UGM,” tuturnya.

Panut Mulyono mengatakan bahwa UGM menaruh perhatian besar terhadap pendidikan generasi muda  dari seluruh penjuru tanah air, termasuk Papua. Selain meningkatkan akses pendidikan dari keluarga kurang mampu dan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) saat ini pihaknya juga terus berusaha memperbesar alokasi penerimaan mahasiswa dari kawasan Indonesia Timur melalui jalur afirmasi.

“UGM terus berusaha menambah lebih banyak mahasiswa dari Indonesia timur dan akan kita formulasikan agar lebih baik lagi kedepan,” jelasnya. Dia meyakini kedepan Papua dapat menjadi lebih baik dan makmur. Hal tersebut akan terwujud ketika anak-anak Papua menempuh pendidikan dengan lebih baik.

“Harapannya dengan kuliah di UGM nantinya tidak hanya sekedar mendapat keilmuan untuk membangun daerah, tetapi juga memberikan bekal menjadi insan berjiwa nasional, memiliki empati kuat pada masyarakat dan berjiwa kewirausahaan dalam mengembangkan daerah lebih baik lagi,” paparnya.

Penandatanganan  MoU kali ini menandai perpanjangan kerja sama yang telah dilakukan antara UGM dengan Pemkab Puncak Papua. Sebelumnya UGM melalui Gugus Tugas Papua bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) FIISPOL UGM telah bekerjasama dengan Pemkab Puncak Papua melalui program guru perintis sejak 2013 silam.  Program yang diwujudkan dengan mengirimkan puluhan guru ini dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas sumber daya masyarakat Papua. (ika)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: