TMMD ke-106 di Tabanan, Distan Berikan Penyuluhan Budidaya Paprika

(Baliekbis.com),Satgas TMMD ke-106 Kodim 1619/Tabanan melaksanakan kegiatan sasaran non fisik yang diisi hampir setiap malam. Salah satunya penyuluhan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan tentang budidaya cabai atau paprika pada Jumat (18/10/2019) malam di Balai Banjar Bongan Lebah Kelod, Desa Bongan, Tabanan.

Penyuluhan bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang tata cara atau tips untuk membudidayakan cabai atau paprika.

“Hal ini juga untuk menambah wawasan yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat mengembangkan dan menerapkannya untuk dijadikan sebagai tambahan penghasilan alternatif petani selain padi dan jagung serta meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Fungsional Penyuluh Dinas Pertanian KabupatenTabanan I Dewa Made Nuada, S.P., M.P., dan Ir. I Wayan Artanaya.

Mendampingi dalam penyuluhan tersebut Babinsa Desa Bongan Sertu Pairin dan Kelian Dinas Bongan Lebah Kelod I Wayan Suwarna bersama masyarakat Banjar Bongan.

Adapun materi yang disampaikan pada penyuluhan tersebut adalah penjelasan tentang tata cara menanam cabai atau paprika, cara menyiapkan lahan yang akan ditanami, tahap pembibitan, penyiraman, penyiangan, pemupukan.

Dijelaskan juga tentang cara budidaya tanaman cabai atau paprika bila ditanam pada polybag serta jenis-jenis hama penggangu atau penyakit yang mungkin merusak anaman cabai atau paprika tersebut.

Masyarakat Desa Bongan yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat serius dan antusias menyimak apa yang disampaikan oleh tim penyuluh.

“Penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bercocok tanam” kata I Wayan Suwarna sebagai Kelian Dinas Bongan Lebah Kelod yang berjanji akan segera mencoba bersama warga untuk menerapkan pola tanam yang disampaikan oleh tim penyuluh. (pen)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: