TMMD ke-104 di Tembuku, Bangun Jalan 1.500 Meter dan Bedah Rumah

(Baliekbis.com),TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Tahun 2019 di Bali akan dilaksanakan tiga kali yakni bulan Februari, Juli dan September.

“Untuk tahap pertama bulan Pebruari, TMMD yang ke-104 ini akan dilaksanakan di Banjar Tampuagan, Peninjoan Tembuku Bangli,” ujar Kasi Metak dan Online Mayor Caj IB Santika didampingi sejumlah Kasi dalam jumpa pers terkait Lomba Karya Jurnalistik TMMD TA 2019, Rabu (6/2) di ruang Humas Kodam. 

Adapun sasaran fisik TMMD tahun ini, tambah IB Santika di antaranya pembuatan jalan sepanjang 1,5 km dengan lebar 6 meter, pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 1,5 km dengan lebar 3 meter, pembuatan senderan 300 meter dengan tinggi 2 meter dan pengerjaan pelat beton 8×1,5 meter serta bedah rumah.

Untuk non fisik antara lain penyuluhan pertanian, koperasi dan UKM, kesehatan, pendidikan, pertanahan, pariwisata, PKK,  Perindag dan kerukunan umat beragama. “Itu baru sasaran sementara, karena kemungkinan bisa berkembang lagi tergantung kondisi di lapangan,” jelas Santika.

TMMD 2019 yang rencananya dibuka minggu ketiga Pebruari ini dan akan berlangsung sekitar sebulan. Terkait lomba karya jurnalistik TMMD menurut Santika terbuka untuk umum baik dari media cetak, elektronik dan online di daerah maupun nasional. Lomba kali ini berhadiah total Rp 65 juta dari seluruh kategori.

TMMD sudah dilaksanakan sejak tahun 1978 saat itu bernama AMD (ABRI Masuk Desa). Sebelumnya dilaksanakan setahun sekali, saat ini tiga kali setahun. TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

TMMD diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus transportasi yang menunjang sarana transportasi di perdesaan, meningkatkan sarana-prasarana serta mampu merangsang masyarakat untuk membangun desanya. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: