TKN Jokowi-Ma’ruf Amin Optimis Bali Menang Besar

(Baliekbis.com), Bali jadi basis kekuatan utama pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Bahkan diharapkan bisa menang besar dengan raihan suara 80 persen. 

“Sebab pada Pilpres  2014, Jokowi menang signifikan yakni 72 persen. Tinggal nambah lagi 10 persen,” ujar Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Sakti Wahyu Trenggono saat rapat kerja daerah (Rakerda) Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Minggu (16/12). 

Dikatakan Sakti, seluruh Tim Kampanye Daerah (TKD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota sudah terbentuk dan dikukuhkan. Maka kini saatnya terus melakukan konsolidasi internal dan pemantapan strategi serta upaya pemenangan di masing-masing daerah. Selain Bali sejumlah daerah yang menjadi basis atau kantong suara Jokowi pada Pilpres 2014 lalu seperti Jawa Tengah, Jawa Timur Sumatera Utara, Jakarta, Sulawesi Selatan. Namun saat itu Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla kalah tipis dari pasangan Prabowo-Hatta di daerah seperti Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Aceh.

“Jadi sekarang kami akan all out di daerah yang kalah pada Pilpres 2014 lalu. Kami berikan penjelasan yang masuk akal kepada masyarakat. Kalau progam Pak Jokowi bisa dilanjutkan bisa memberikan manfaat besar, kenapa tidak diberikan kesempatan satu periode lagi,” paparnya. Namun pihaknya juga mengakui masih ada sejumlah tantangan berat dalam perjuangan mengamankan kemenangan Jokowi-Ma-ruf Amin. Di antaranya masih santernya serangan fitnah, pencemaran nama baik, kampanye hitam (black campaign) dan hoak. 

Terkait progam yang diusung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, dalam konsolidasi TKD di Bali ini juga  diberikan penjelasan kepada internal. Secara eksternal, para caleg Koalisi Indonesia Kerja diharapkan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa yang sudah dilakukan Jokowi selama hampir lima tahun menjadi presiden dan juga progam kerja ke depan.

Ketua Panitia Rakerda TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Bali Nyoman Budi Adnyana, S.H.,M.H., dalam laporannya mengatakan perlu kerja keras untuk mencapai target suara 80 persen. Namun diakui TKD sudah punya modal dasar suara 72 persen kemenangan Jokowi di Bali pada Pilpres 2014. Jadi tinggal dapat 10 persen lagi. “Caranya kita lakukan penguatan saksi. Caleg di koalisi juga sama-sama bergerak. Dengan kekuatan itu kami optimis tercapai lebih dari 80 persen,” ujar Budi Adnyana.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Bali IGN Kesuma Kelakan mengatakan pihaknya menyiapkan dua saksi di masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara).  “ToT (Training of Trainer) saksi kami akan adakan 17 Januari 2018,” kata politisi yang akrab disapa Alit  Kelakan itu  yang juga caleg PDI Perjuangan untuk DPR RI dapil Bali nomor urut 2 itu.

Secara keseluruhan ada enam hal utama yang dibahas dalam rakerda ini. Pertama, target pemenangan Pilpres 2019 yang mencapai 80 persen di Bali. Kedua, penguatan saksi. Ketiga, komitmen seluruh caleg dari Koalisi Indonesia Kerja, koalisi partai pengusung dan pendukung. Keempat, penggalangan relawan. Kelima, koordinasi komunikasi politik dan media sosial. Terakhir, penguatan tim hukum dan advokasi. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: