TK Paud Harapan Bangsa Targetkan 70 Siswa Baru

(Baliekbis.com), TK PAUD Harapan Bangsa tahun ini menargetkan menerima siswa baru sebanyak 70 orang. TK yang berada di bawah naungan Yayasan Sari Gurita Sesetan ini secara keseluruhan menargetkan 130 siswa, terdiri pendidikan anak usia dini (TK Paud) 70 siswa, pendidikan kelompok bermain dan tempat penitipan anak 30 siswa serta pendidikan kesetaran paket C (setara SMA) 30 siswa. Ketua Yayasan Sari Gurita Sesetan Ni Wayan Sari Galung, S.Sos., Senin (19/6/2017) mengatakan awal pendidikan harus dimulai dari dasar, salah satunya pendidikan TK Paud ini yang merupakan modal dasar untuk menyiapkan insan yang berkualitas agar nantinya bisa mengembangkan potensi diri sehingga lebih berkualitas menuju ke jenjang yang lebih tinggi yakni tingkat SD.

“Apalagi dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas tentu pendidikan harus dilakukan sejak usia dini untuk meningkatkan potensi kecerdasannya,” tambahnya. Sesuai UU No. 20 Tahun 2003, TK Paud diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. TK Paud dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, pendidikan nonformal dan pendidikan informal. Pada jalur pendidikan formal berbentuk TK, jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB) dan Taman Penitipan Anak (TPA). “Kemudian, untuk jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan,”terangnya. Dijelaskan, mengenai TK Paud tentu ada yang berbeda cara pengajarannya yang disesuikan dengan tahapan usia. Apalagi pada TK Paud umumnya anak usia dini masih merupakan masa keemasan. Karena pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. “Karenanya peran lembaga TK Paud, orangtua dan masyarakat sangat diperlukan dalam memberikan layanan pendidikan yang dibutuhkan pada tingkatan ini,”jelasnya.

Dalam pendidikan TK Paud untuk bisa memperoleh tingkat standar perkembangan anak usia dini harus dilakukan melalui kegiatan bermain agar tidak membuat anak kehilangan masa bermainnya. Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Bermain juga membantu anak mengenal dirinya serta mengenal lebih jauh tempat lingkungannya. “Sebab, melalui bermain anak memperoleh kesempatan untuk berkreasi, bereksplorasi, menemukan, dan mengekspresikan perasaannya,”imbuhnya. Ditambahkan, memperhatikan pentingnya lembaga TK Paud dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini tentu keberadaannya harus memenuhi standar untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. “Karena itu TK Paud Harapan Bangsa kini berada dibawah naungan Yayasan Sari Gurita yang berdiri tahun 2015 berlokasi di Jalan Raya Sesetan No.33 Denpasar siap mendidik anak agar lebih maju dan berkembang,” tambahnya. (sus)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: