Tips Merawat Anjing Kesayangan Saat Musim Hujan

(Baliekbis.com), Banyak orang mengeluh karena musim hujan bukanlah cuaca yang ideal bagi anjing. Kesehatan anjing adalah hal utama yang harus diwaspadai selama musim hujan. Berikut tips merawat anjing di saat musim hujan.

Jaga bulu anjing tetap kering

Basah atau lembab bulu adalah area inkubasi yang ideal untuk jamur dan bakteri. Selama musim hujan, memandikan anjing bisa membuat Anda malas, lebih baik gunakan sampo kering daripada memandikan anjing Anda secara terjadwal.

Bersihkan cakar anjing

Cakar dapat dengan mudah menyimpan patogen atau vektor penyakit. Cukup bersihkan cakar anjing setelah berjalan. Ini juga bisa membantu memangkas bulu di sekitar cakar, terutama jika memiliki keturunan berambut panjang seperti golden retriever, anjing Afghan, Shih Tzu, atau keturunan Irlandia.

Jaga tempat tidur anjing tetap kering

Jika anjing terbiasa menghabiskan waktu di teras atau balkon, area istirahat tertutup dengan alas tidur kering harus disediakan juga di tempat tersebut. Semua makanan atau mangkuk minum harus ditutup. Selama musim hujan, setiap permukaan menjadi dingin, dan ini bisa membahayakan sendi anjing. Seperai harus sering diganti untuk mencegah bakteri menumpuk.

Bersihkan telinga anjing

Anjing bisa terkena infeksi telinga selama musim hujan. Kelembaban mudah terakumulasi pada anjing dengan telinga tertutup seperti Dachshund, Labrador, dan Basset Hound. Kotoran telinga dan kelembaban bersatu dan menyebabkan infeksi telinga.

Melakukan kegiatan di dalam rumah

Musim penghujan, kegiatan di luar ruangan tidak akan menyenangkan. Lebih baik memiliki aktivitas di dalam rumah. Jika tinggal di sebuah gedung apartemen, anda bisa membawanya naik dan turun tangga.

Perhatikan makanan

Saat hujan terlalu deras, anjing sering mengalami alergi makanan. Anda harus memantau makanan anjing. Tambahkan buah dan sayuran pada makanannya, itu akan memberi serat tambahan. Lebih banyak serat dalam makanan anjing Anda akan memungkinkan buang air besar secara teratur.

Waspada terhadap infeksi

Tanda-tanda bahwa anjing memiliki infeksi atau alergi adalah menjilati bagian-bagian tubuh secara konstan, menggaruk, telinga yang berbau, dan gatal. Gatal mungkin menunjukkan infeksi jamur, bakteri atau alergi. Ini bisa disebabkan oleh ketidakmampuan uap air untuk keluar dari permukaan kulit. Anjing ras yang memiliki lipatan kulit yang dalam, seperti boxer dan pugs, rentan terhadap infeksi kulit seperti itu. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda setelah Anda melihat tanda-tanda infeksi atau  (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: