Tini Gorda Berharap Rai Mantra Terus Tingkatkan Pemberdayaan  Perempuan

(Baliekbis.com), Saat ini masih banyak kaum perempuan di Bali yang belum bisa berkontribusi maksimal untuk perekonomian keluarganya. Padahal potensi perempuan sangat besar, bahkan dari segi jumlah lebih banyak dari kaum lelaki.

“Untuk itu kepada Rai Mantra setelah terpilih sebagai Gubernur Bali nanti agar lebih memperhatikan lagi kaum perempuan sehingga lebih banyak bisa berkontribusi secara ekonomi untuk keluarganya,” ujar tokoh perempuan Bali Dr. AAA Ngurah Tini Rusmini Gorda SH.,MH.,MM., yang juga Ketua Umum BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Provinsi Bali itu di sela-sela acara Senam Selamat Pagi serangkaian Festival Bali Salam 2 Jari di Lapangan Lumintang Denpasar, Minggu (17/6).

Menurut Tini Gorda begitu kerap ia disapa ada sekitar 30 persen wanita Bali yang belum maksimal berkontribusi bagi keluarganya. Jumlah yang cukup besar ini kalau bisa diberdayakan tentu akan sangat positif bagi pembangunan Bali. Ia melihat sosok calon Gubernur Bali nomor 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Wijaya Mantra akan mampu meningkatkan kontribusi kaum perempuan karena sosoknya yang tidak saja lekat di hati generasi milenial tapi juga namanya harum di kalangan perempuan dan ibu-ibu di Denpasar bahkan Bali. Komitmen Rai Mantra mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan telah membuahkan hasil nyata dan berbagai prestasi selama menjabat Walikota Denpasar dua periode. “Rai Mantra mendapat tempat tersendiri di hati pemilih perempuan dan tokoh-tokoh perempuan di Bali,” ujarnya. Tini Gorda memaparkan sejumlah keberhasilan dan prestasi pemberdayaan perempuan yang dilakukan Rai Mantra di Denpasar.

Akhir 2013 lalu Pemkot Denpasar meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama, yaitu penghargaan di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tingkat Nasional. Penghargaan ini diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Yohana Yembise kepada Rai Mantra di Jakarta. Prestasi serupa kembali ditorehkan Rai Mantra dengan membawa Denpasar meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tertinggi katagori “Mentor” dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akhir Desember 2016. Penghargaan ini diberikan karena komitmen yang tinggi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terutama mewujudkan pengarus utamaan gender (PUG) telah ditunjukan Pemerintah Kota Denpasar dibawah kepemimpinan Walikota Rai Mantra.

Berbagai prestasi dan keberhasilan itu, kata Tini Gorda, berkat kepedulian serta rasa kemanusiaan Rai Mantra untuk mengangkat harkat dan derajat kaum perempuan. Sehingga mampu memberikan acuan bagi aparatur Pemerintah Daerah dalam strategi pengintergrasian gender yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah. “Apalagi Pak Rai Mantra didampingi sang istri Nyonya Selly Mantra yang juga sangat aktif di berbagai program dan kegiatan pemberdayaan perempuan,” tambah Tini Gorda yang juga Ketua Yayasan Perdiknas itu.(nwm)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: