Tingkatkan Perekonomian, Mahasiswa KKN Unwar Rancang Masterplan Desa Wisata Abang

(Baliekbis.com), Saat ini seluruh dunia sedang dilanda oleh pandemic yang dikenal dengan Corona Virus Disease 2019, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19.  Meskipun demikian, haltersebut tidak menurunkan semangat masyarakat dalam berkreasi, khususnya civitas akademika Universitas Warmadewadalam menjalankan Tridarma perguruan tinggi. Di masa pandemic ini, Unwar menyelenggarakan KKN PPM dengan tema “Ketahanan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19”. KKN tersebut bertujuan untuk mengangkat daya dan potensi SDM, SDA yang ada pada suatu wilayah, mengingat merosotnya pertumbuhan ekonomi di masa pandemic ini.

​Salah satu desa yang menjadi sasaran KKN-PPM Unwar adalah Desa Abang, Karangasem. Desa tersebut memiliki luas sebesar 589,00 Ha, dan terdiri atas Perkebunan, Persawahan, Perumahan, dan aliran Sungai. Berdasarkan potensi SDA yang berada di desa tersebut, Desa Abang berpotensi menjadi desa wisata. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Desa Abang, Nyoman Sutirtayana saat ditemui oleh beberapa mahasiswa kelompok 26, dengan Dosen Pembimbing Lapangan Drs. I Nyoman Senimantara, M. Si. “Akan tetapi, masih banyak PR dalam merealisasikan hal terebut” sambungnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, adapun salah satu program yang dijalankan oleh mahasiswa kelompok 26, yaitu perencanaan pembangunan atau masterplan desa wisata. Konsep desa wisata yang dirancang merujuk pada konsep desa wisata berwawasan lingkungan. Konsep tersebut dipilih berdasarkan analisis SWOT dan hasil survey di lapangan. Dengan demikian, diharapkan pembangunan yang akan dijalankan tidak merusak lingkungan di sekitar desa, khususnya tanah persawahan yang nantinya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di era new normal seperti sekarang. (ama)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.