Tingkatkan Minat Baca Anak di Kelurahan Loto, Mahasiswa KKN UGM Luncurkan Teras Cerdas

(Baliekbis.com),
Pembukaan Teras Cerdas di Kelurahan Loto oleh mahasiswa KKN UGM pada Minggu, (15/7) lalu disambut baik oleh warga.

Teras Cerdas adalah salah satu program dari mahasiswa KKN UGM di bidang pendidikan yang bekerja sama dengan perusahaan Astra guna meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak. “Melihat minat baca di kalangan anak-anak yang masih rendah serta tidak adanya fasilitas tempat dan bahan bacaan yang memadai, maka sejak awal kami bertekad untuk membuat Teras Cerdas sebagai sebuah taman baca sekaligus tempat bermain dan belajar yang kondusif bagi anak-anak,” tutur Herman Palani selaku Koordinator Program Teras Cerdas.

Herman juga menuturkan bahwa Teras Cerdas ini sebenarnya hanya memanfaatkan gedung Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) yang sudah ada di Kelurahan Loto. Gedung TPQ ini kemudian di desain ulang oleh mahasiswa KKN UGM dan disulap menjadi ruangan unik bertemakan nuansa alam yaitu taman bunga, hutan, laut dan udara. Hal ini dilakukan untuk menarik minat anak-anak agar rajin berkunjung ke Teras Cerdas. Program Teras Cerdas tidak sekadar menyediakan tempat membaca bagi anak-anak saja, tetapi juga terkait dengan pengembangan komunitas pemuda.

Teras Cerdas akan dijadikan sebagai pusat pembelajaran dan pusat berkumpul bagi pemuda-pemudi Loto agar nantinya program ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.
Pembukaan Teras Cerdas ini dihadiri sekitar 80 warga Loto baik para orang tua, pemuda-pemudi, dan juga anak anak.
Pembukaan diawali dengan pemotongan pita oleh Yusuf Takena selaku Kepala Kelurahan, kemudian dilanjutkan dengan bedah ruangan Teras Cerdas yaitu seluruh warga dipersilakan untuk masuk dan melihat-lihat seluruh ruangan.(udi)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: