Tingkatkan Kualitas, Ratusan Mahasiswa IKIP PGRI Bali Ikut PPL

(Baliekbis.com), Demi meningkatkan kualitas tamatan guru agar lebih profesional di bidangnya, IKIP PGRI Bali menggelar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melibatkan seluruh mahasiswa semester VII yang jumlahnya mencapai 526 orang dari 9 Program Studi (Prodi). Kegiatan PPL yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 21-22 Juli 2017 di Kopertis Wilayah VIII dibuka oleh Rektor IKIP PGRI Bali, Dr. I Made Suarta,S.H., M.Hum., Jumat (21/7).

Made Suarta mengatakan, kegiatan PPL yang melibatkan seluruh mahasiswa semester VII ini memang wajib dilaksanakan setiap tahunya. Karena melalui PPL ini mahasiswa akan bisa mendapatkan sertifikat mengajar. “Sertifikat mengajar ini akan bisa dipergunakan ketika mahasiswa sudah lulus dari IKIP PGRI Bali yang kemudian melamar menjadi guru di sekolah yang dituju untuk nantinya bisa mengajar,”terangnya. Lanjutnya, melalui PPL mahasiswa terlebih dahulu akan diberikan materi yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Pada pelaksanaan PPL juga diberikan pembinaan tentang keseharian menjadi seorang guru terutamanya dalam bersikap dan berpakaian. “Selain itu, mahasiswa juga diberikan pembekalan tentang tata cara mengajar yang baik dan benar ketika menjadi seorang guru,”ucapnya.

Sementara, pembina PLL sekaligus Pembantu Rektor (PR I) IKIP PGRI Bali, Drs. Pande Wayan Bawa,M.Si. menjelaskan tujuan dilaksanakanya PPL ini tiada lain untuk memberikan materi yang layak sesuai dengan kaidah seorang guru seperti membuat laporan dan melakukan obserfasi. “Pada pelaksanaan PPL ini akan mendatangkan beberapa narasumber guru pengajar se-Bali yang akan siap memberikan banyak materi,”jelasnya. Ditambahkan, setelah melaksanakan PPL, mahasiswa akan dikembalikan ke masing-masing dosen pembinanya untuk langsung melakukan praktek ke sekolah yang dituju atau sekolah yang sudah ditentukan. “Setelah selesai praktek mahasiswa wajib membuat laporan yang akan disahkan untuk mendapatkan sertifikat mengajar,”tambahnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: