Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang IVA Test

(Baliekbis.com), Ketua Umum TP PKK Pusat  Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengapresiasi TP PKK Kota Denpasar yang telah mampu mengaplikasikan seluruh program PKK sehingga mengantarkan PKK Kelurahan Pedungan menjadi salah satu nominator tingkat nasional dalam lomba IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) test. Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Tim Evaluasi Pusat, drg. Laksmi saat mengevaluasi Kelurahan Pedungan, Senin (30/7) di Balai Br. Pande Pedungan Kecamatan Denpasar Selatan. Evaluasi Kelurahan Pedungan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra yang didampingi Wakil Ketuanya Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara. Lebih lanjut Erni Guntarti Tjahjo Kumolo  mengatakan TP PKK Kota Denpasar telah mampu melaksanakan seluruh programnya dengan gotong royong. Hal ini dibuktikan dalam pelaksanaan program PKK salah satu IVA test telah dilaksanakan secara gotong royong dengan melibatkan semua masyarakat terutama ibu-ibu sebagai sasaran pelaksanaan IVA Test. Untuk itu kedepannya semangat gotong royong harus tetap dipertahankan yang merupakan ciri khas dari kepribadian bangsa Indonesia.

Dari sejumlah kelurahan yang menjadi nominator Kelurahan Pedungan menampilkan semangat gotong royong dalam melaksanakan setiap programnya. Karena ini merupakan faktor kunci dalam menyukseskan pembangunan baik mulai dari keluarga sampai tingkat pemerintah pusat.  Kegiatan gotong royong telah dilaksanakan TP PKK Kota Denpasar dalam melaksanakan setiap programnya. Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengatakan Pemerintah Kota Denpasar sangat menyadari dalam prosesi pembangunan ada tiga hal penting yang menjadi perhatian yaitu bidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang infrastruktur. Khusus untuk bidang kesehatan terutama terkait IVA test untuk pencegahan kanker serviks, Pemerintah Kota Denpasar mulai tahun 2013 telah memberikan imunisasi geratis untuk pencegahan kanker serviks pada anak-anak SMP di Kota Denpasar.  Dimana tiap tahunnya telah menyasar 2700 anak siswa SMP. Di tahun 2018 ini Pemerintah Kota Denpasar kembali membuat inovasi dalam mencegah terjadinya kanker servik dengan menyasar 6924 anak-anak SD mulai kelas V. Disamping itu Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan sosialisasi untuk mengajak masyarakat melakukan pengecekan secara rutin. Dengan melibatkan seluruh instansi terkait terutama TP PKK Kota Denpasar melalui 10 program Pokok PKK. Termasuk juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya merokok terlebih Kota Denpasar telah mempunyai Perda larangan untuk merokok ditempat-tempat umum.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Pedungan Luh Lilik Naeni  mengatakan untuk pelaksanaan IVA test di Kelurahan Pedungan pihaknya bersama kader dan dari tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Kota Denpasar langsung menyasar ke rumah-rumah untuk melakukan penyuluhan. Hal dari penyuluhan tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat terutama ibu-ibu untuk melakukan IVA test. Hal ini dibuktikan dari cakupan yang meningukuti IVA test mengalami peningkatan dari 303 orang dari tahun 2016 menjadi 935 orang ditahun 2017. Dari jumlah tersebut ditemukan 2 orang mengalami IVA test positif tahun 2016 dan tahun 2017 sebanyak 7 orang sehingga dilakukan tindakan lanjutan.(gst)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: