Tingkatkan Daya Saing, Mahasiswa Undiksha Digembleng Pendidikan Softskill

Tingkatkan Daya Saing, Mahasiswa Undiksha Digembleng Pendidikan Softskill

(Baliekbis.com), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar outbound di Desa Menyali, Kecamatan Sawan, Buleleng, Minggu (2/12). Kegiatan tahunan ini sebagai refreshmen atau in service training mahasiswa.

Ketua Pelaksana, Drs. Ign. I Wayan Suwatra, M.Pd., mengungkapkan sebaimana perguruan tinggi lainnya, Undiksha merupakan bagian dari lembaga yang bergerak di bidang pendidikan tinggi, diharapkan mampu berkembang, mengedepankan kualitas, profesional, efektif dan efisien.  Para lulusan dituntut memiliki kompetensi yang handal dan berdaya saing.

Menyikapi itu, universitas yang telah memiliki Fakultas Kedokteran per Agustus 2018 ini gencar melakukan pembekalan terhadap mahasiswa, salah satunya dikemas melalui kegiatan outbound ini yang didalamnya berisi pendidikan soft skill. Pendidikan itu, suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia yang dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal. “Melalui pengembangan softskill ini, mahasiswa mendapat nilai tambah menjadi lebih berkarakter, melengkapi hardskill,” tegasnya.

Pendidikan softskill, sambungnya sebagai bentuk pengembangan program pembinaan kemahasiswaan. Hal tersebut menjadi senjata dalam peningkatan daya saing lulusan sebagai salah satu output dari program keunggulan dalam pendidikan. “Upaya peningkatan kualitas lulusan selain dilakukan melalui penjaminan mutu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar, juga program pembinaan kemahasiswaan diarahkan agar dapat memberikan nilai tambah guna meningkatkan daya saing lulusan di bursa kerja nasional maupun internasional,” sebutnya.

Khusus untuk peserta outbound, masing-masing fakultas terdapat perwakilan sebanyak 200 orang. Selain itu juga diundang 20 mahasiswa afirmasi dan 14 orang dari UKM Pramuka. Mereka melaksanakan berbagai game berkelompok. “Kegiatan ini juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengelola tim ataupun sebagai anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Membentuk karakter mahasiswa sebagai seorang calon sarjana yang nantinya akan terjun ke masyarakat,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Undiksha, Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes.,menyampaikan kegiatan ini juga untuk mendukung mewujudkan visi Undiksha sebagai universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. “Softskill tidak hanya penting untuk mahasiswa saja. Tetapi juga untuk seluruh komponen,” ungkapnya.
Ditegaskan pula, pendidikan demikian tak hanya diberikan oleh perguruan tinggi. Tetapi juga dari masyarakat umum. “Sebagai lembaga pendidikan, kami wajib menyelenggarakan ini sebagai wanaha bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan hal-hal baik,” imbuhnya. (sos)