Tim Weimana Udayana Lolos ke Final Kontes Mobil Hemat Energi 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya

(Baliekbis.com),Tim Weimana Udayana kembali menunjukkan kebolehannya di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021 ini. Mobil Agnijaya buatan UKM Weimana Udayana berhasil lolos ke tahap final kategori Urban Motor Listrik.

Dengan bermitra bersama Universitas Negeri Surabaya, Puspresnas Kemendikbudristek menyelenggarakan KMHE 2021 di Sirkuit GBT Kota Surabaya Jawa Timur, Indonesia pada 15-20 November 2021.

KMHE merupakan kegiatan rutin agenda Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia yang bekerja sama dengan tuan rumah perguruan tinggi dalam mengadakan lomba mobil hemat energi tingkat nasional.

Peserta KMHE 2021 adalah mahasiswa dari seluruh Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia yang lolos seleksi proposal desain kendaraan sesuai dengan aturan atau regulasi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh panitia.

Kemampuan untuk merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman dan ramah lingkungan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta dalam kegiatan ini. Peserta dituntut agar mampu menggunakan kreativitas dalam mewujudkan karya nyata berupa kendaraan yang akan dilombakan.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya KMHE adalah untuk mewadahi kreativitas mahasiswa seluruh Indonesia dalam merancang, membangun, menguji, dan mengompetisikan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan.

Mendorong mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kesinambungan dan ketahanan energi  nasional dengan teknologi kendaraan hemat energi yang diciptakannya.

Adapun tahapan-tahapan seleksi yang telah dilalui oleh Tim Weimana Udayana adalah pembuatan laporan desain kendaraan dan video virtual technical inspection. Hanya 8 dari 11 tim yang mampu lolos ke tahap virtual technical inspection. Setelah dua tahapan seleksi tadi m, terakhir merupakan tahapan final. Tim Weimana Udayana berhasil menjadi salah satu dari 4 tim yang mampu lolos ke tahap ini.

“Ini merupakan pencapaian yang sangat berharga bagi Tim Weimana Udayana, terima kasih atas dukungan pimpinan dan civitas akademika Universitas Udayana, seluruh sponsor resmi serta teman – teman yang telah memberikan kami dukungan hingga saat ini. Masih banyak hal yang perlu kami evaluasi pada Mobil Agnijaya, untuk itu kami akan mempersiapkan dan memberikan semua upaya terbaik dari Tim Weimana Udayana dalam Final Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 agar memperoleh hasil yang maksimal,” ucap Bima Permana yang menjadi Ketua UKM Weimana Universitas Udayana.

Besar harapan Tim Weimana Udayana berhasil membawa pulang penghargaan pada KMHE tahun ini dengan memberikan yang terbaik dalam tahap Final KMHE 2021. (ist)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.