Tidur Dengan Lampu Menyala Ternyata Berbahaya!

(Baliekbis.com), Tidur dengan lampu menyala, atau cahaya dari televisi yang tidak sempat dimatikan berefek negatif terhadap tubuh. Di antaranya berisiko gangguan tidur dan gangguan kesehatan lainnya seperti depresi, atau kanker.  Colleen Carney, profesor psikologi di Toronto Kanada, mengatakan pada sejumlah orang, ada yang menolak mematikan lampu saat tidur, karena mereka butuh akan cahaya, atau sumber cahaya lain karena takut akan gelap.

Namun, ada beberapa gangguan kesehatan yang berpotensi timbul jika membuat lampu menyala saat tidur. Tubuh memiliki pengaturan ritmenya sendiri, termasuk siklus terjaga dan tidur, yang berhubungan dengan cahaya. Ungkapan ini disampaikan Christopher Drake, dari Henry Ford Hospital, AS. Peneliti yang juga pernah menerbitkan buku Chronobiology International mengeksplor perubahan ritme tubuh ini pada mereka yang dapat kerja giliran malam yang mendapat tantangan lebih besar karena mesti tidur ketika matahari sudah naik, dan terjaga malam hari.

Pada dasarnya tubuh memproduksi hormon melatonin sebagai persiapan menjelang tidur. Namun, cahaya menekan melatonin, yang kemudian berujung pada gangguan tidur dan kondisi kesehatan yang buruk. Hubungan antara cahaya malam hari, gangguan tidur dan risiko kesehatan telah pula menjadi perhatian dunia kesehatan. World Health Organization sendiri telah menganggap kerja malam berisiko terhadap potensi kanker payudara. (ist)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: