Terpilih Aklamasi, Oka Darmawan Kembali Pimpin Perbasi Bali

(Baliekbis.com), Seperti sudah diduga sebelumnya, incumbent I Gusti Ngurah (IGN) Oka Darmawan akhirnya terpilih secara aklamasi menahkodai Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bali untuk empat tahun ke depan (2017-2021) pada Musyawarah Provinsi (Musprov) di ruang rapat kantor KONI Bali, Minggu (13/08/2017). Musprov Perbasi Bali dibuka Ketua Umum KONI Bali, Ir. Ketut Suwandi.

Dalam sambutannya, Ketut Suwandi mengapresiasi tinggi, kinerja pengurus Perbasi Bali periode 2013-2017, dimana berhasil menyumbangkan dua pemain Bali masuk Timnas basket putri yang akan berlaga pada ajang SEA Games ke-29 tahun 2017 di Malaysia. Hal ini membuktikan dari segi pembinaan yang sudah dilakukan cukup berhasil dan perlu ditingkatkan lagi ke depannya. Sebagaimana diketahui, kedua pemain itu yakni Kadek Pratita Citta Dewi dan Regita Pramesti kini sudah tergabung dengan 10 pemain lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia, dalam pemusatan latihan nasional dan minggu depan sudah memulai laganya di SEA Games.

Mantan ketua umum KONI Badung dua periode ini, juga sangat menyukai tema Musprov Perbasi “Melalui Musprov Perbasi Bali, kita tingkatkan kualitas organisasi dan prestasi” yang punya makna strategis. ”Jika diterjemahkan, dengan memperkokoh soliditas organisasi maka peningkatan prestasi akan mengikutinya,” kata Suwandi. ”Saya juga berharap para pengurus yang baru maupun Pengkot dan Pengkab Perbasi dalam membuat Muskab maupun Muskot  bisa lebih baik, dengan menjalankan pakem yang telah ditanamkan dalam Musprov kali ini,” pinta Suwadi seraya siap mendorong Pengprov Perbasi yang baru menggelar Kejurprov (kejuaraan provinsi) ke depannya.

Setelah sesi acara ceremony (pembukaan), Musprov yang diikuti 8 kabupaten/kota (Pengkab/Pengkot) Perbasi se-Bali  dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan sidang. Pengkab Perbasi Klungkung, sebagai satu-satunya voter yang tak hadir pada Musprov tersebut. Secara aklamasi akhirnya pimpinan sidang dipercayakan kepada utusan Pengkab Perbasi Gianyar Kadek Purwita, didampingi Made Budiasa (Perbasi Buleleng) selaku wakil dan Ivana Bunga (Pengkab Perbasi Tabanan) sebagai sekretarisnya. Puncaknya saat agenda utama pemilihan ketua umum,  8 Pengkab/Pengkot selaku pemegang hak suara (voteer), secara aklamasi kembali mempercayakan incumbent IGN Oka Darmawan, untuk melanjutkan masa kerjanya empat tahun ke depan (2017-2021). Dasar pertimbangannya, tentu melihat keberhasilan mantan Asisten III Setda Badung ini dalam empat tahun masa kepemimpinan sebelumnya yang cukup sukses, terutama dalam hal manajemen organisasi maupun prestasi yang diraih, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya, meloloskan tim putri basket Bali ke PON XIX 2016 di Bandung, yang notabene merupakan sejarah setelah puluhan tahun dalam penantian.

Oka Darmawan yang sebelumnya ingin adanya regenerasi, akhirnya tak bisa mengelak atas kepercayaan yang diberikan tersebut. Pria Buleleng yang sudah kenyang dalam urusan organisasi keolahragaan ini pun menerima amanah tersebut sekaligus tantangan ke depannya. Dalam sambutannya pasca terpilih, Oka Darmawan menegaskan program-program yang sudah direncanakan  pengurus lama dan beberapa pandangan umum dari delapan pengkab/pengkot seperti pelaksanaan kejurda (Kejurprov),  pelatihan intensif pelatih dan wasit secara berkala, soliditas organisasi dan komunikasi yang baik antara Pengprov dengan Pengkab/Pengkot, pembinaan dini dan berjenjang. ”Semua program ini tentu bertujuan untuk kemajuan dunia perbasketan Bali menjadi lebih baik dan terstruktur. Tentunya pengurus baru akan berusaha menjalankan amanah ini semaksimal mungkin,” pungkas Oka Darmawan. Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Musprov Perbasi Bali, Agus Kabinawa didampingi sekretarisnya, Fauzie Santoso menjelaskan, secara umum pelaksanaan Musprov berjalan lancar dan tertib sesuai harapan. ”Kelancaran ini tentunya berkat partisipasi semua peserta. Karena itu, kami sangat berterima kasih karena semua peserta pada intinya ingin kemajuan basket Bali ke depannya lebih baik,” kata Agus Kabinama diamini Fauzie. (ibg)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.