Terkenal Ramah, Inilah Fakta Mengejutkan Lumba-lumba yang Harus Anda Ketahui!

(Baliekbis.com), Lumba-lumba memiliki reputasi yang baik. Tidak hanya mereka sangat cerdas, tetapi mereka juga cenderung berinteraksi dengan manusia⁠. Namun sayangnya, hanya karena lumba-lumba bersikap ramah secara keseluruhan tidak berarti mereka aman.

  • Lumba-lumba Dapat Menggigit Anda

Lumba-lumba memiliki gigi tajam yang biasanya mereka gunakan untuk mencabik-cabik mangsanya. Lumba-lumba hidung botol, misalnya, memiliki antara 80 dan 100 gigi yang mereka gunakan untuk meraih, mencengkeram, dan mengamankan mangsanya.

Namun, makhluk itu bisa menggigit manusia sesekali. Karena potensi bahayanya, pejabat di Commerce Department’s National Marine Fisheries Service bahkan telah merilis  peringatan bahwa “puluhan gigitan telah dilaporkan” dan “orang telah ditarik ke bawah air” oleh hewan-hewan tersebut. Faktanya, baru-baru ini pada tahun 2012, seorang gadis berusia 8 tahun digigit oleh salah satu lumba-lumba di SeaWorld.

  • Lumba-lumba Dapat Menyerang Anda

Lumba-lumba melakukan lebih dari sekadar menggigit korbannya selama serangan. Ketika Valerie Ryan diserang oleh seekor lumba-lumba, hewan itu menusuk dia dengan moncongnya. Itu sangat kuat dan menyakitkan, dan kecepatannya luar biasa. Insiden itu membuat wanita itu mengalami enam patah tulang belakang, tiga tulang rusuk patah, dan paru-paru rusak, serta stres pasca-trauma.

  • Lumba-lumba Berburu dan Membunuh Mangsanya

Ketika lumba-lumba lapar, mereka berubah menjadi pemangsa yang menghitung yang mampu mengembangkan metode yang tidak biasa untuk menjebak mangsanya. Misalnya, lumba-lumba yang hidup di perairan dangkal Florida telah diamati menggunakan ekornya untuk menendang lumpur dalam formasi melingkar untuk menjebak ikan di dalamnya, sementara lumba-lumba yang tinggal di Shark Bay, Australia, terlihat menggunakan spons sebagai alat. untuk menggali mangsa dari dasar laut.

Terlebih lagi, lumba-lumba dapat mengomunikasikan taktik ini dengan lumba-lumba lain, yang berarti mereka selalu meningkatkan keterampilan mereka. Menurut Smithsonian, “lumba-lumba mempelajari berbagai trik untuk menangkap makanan satu sama lain dalam semacam transmisi budaya.”

  • Lumba-lumba Dapat Membunuh Manusia

Pada akhirnya, lumba-lumba sangat menakutkan karena mereka dapat membunuh Anda dengan serius. Nat Geo Wild menjelaskan kasus 1994 di mana dua pria di São Paulo, Brasil, ditabrak lumba-lumba. Sayangnya, satu orang meninggal karena luka dalam yang diderita selama insiden tersebut. (ist)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: