Terkait Kedatangan Mas Sumatri, Demer: Golkar Terbuka Lebar untuk Bekerja Sama

(Baliekbis.com), Setelah menerima kedatangan tokoh PDI Bangli Made Subrata belum lama ini yang melamar ke Golkar untuk maju pada Pilkada 2020, giliran Ketua DPD Partai NasDem Karangasem IGA Mas Sumatri minta dukungan ke Partai Beringin ini, Minggu (17/11/2019).

Kedatangan rombongan Mas Sumatri yang juga Bupati Karangasem ini disambut Plt. Ketua DPD Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa Demer bersama jajaran pengurus di Sekretariat DPD Golkar Bali.

“Sebagai partai terbuka, Golkar menerima siapa pun yang mau bergabung dan membesarkan partai. Kami juga membuka ruang seluas-luasnya untuk bekerja sama,” jelas Demer.

Dikatakan menyongsong pilkada serentak mendatang, pihaknya sudah melakukan pengamatan di lapangan. “Saya diam-diam juga sudah beberapa kali ketemu dengan Bu Mas Sumatri dan memang ada pembicaraan-pembicaraan khusus terkait kebijakan Golkar,” ujar Anggota DPR RI empat periode ini.

Namun untuk penentuan calon saat ini belum dilakukan. Sebab Golkar ini milik publik, maka harus ikuti tahapan-tahapan yang berlaku di partai. “Kami baru akan mulai rapat harian setelah itu dibawa ke pleno. Jadi keputusannya setelah rapat pleno dengan ketua-ketua DPD,” tambahnya.

Untuk mencalonkan seseorang, Golkar juga akan melakukan survey. Meski diakui hasil survey bukan satu-satunya yang menentukan. Ditegaskan pula Golkar tidak ada mahar atau setoran yang sifatnya pribadi. Kalaupun ada syarat semata untuk kepentingan pemenangan seperti yang berkaitan dengan saksi-saksi.

Sekretaris DPD Golkar Bali Sugawa Korry menegaskan dalam menyongsong Pilkada 2020, pihaknya akan membentuk Tim Pilkada di provinsi dan kabupaten/kota. “Setelah itu baru kita bisa buka jadwal pendaftaran. Kita terbuka lebar menerima yang mau bekerja sama dan membesarkan Golkar,” tegas Sugawa Korri yang juga Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Sedangkan Ketua KSN (Komisi Saksi Nasional) DPP Partai NasDem Gusti Putu Artha mengatakan kedatangannya bersama IGA Mas Sumatri yang saat ini menjadi Bupati Karangasem untuk menyampaikan surat permohonan dukungan dari Partai Golkar dalam Pilkada 2020 mendatang.

Pihaknya berharap dengan dukungan Partai Golkar langkah memenangkan Mas Sumatri berjalan dengan baik untuk memimpin Karangasem kedua kalinya. “Kami juga akan bertemu dengan parpol dan tokoh lainnya untuk memohon dukungan,” tambah Artha. Ia juga menjelaskan dari survey yang dilakukan, dukungan kepada Mas Sumatri masih yang teratas.

Sementara IGA Mas Sumatri menjelaskan ada dorongan dari berbagai lapisan agar ia maju karena dianggap layak untuk kembali memimpin Karangasem. “Akhirnya saya putuskan maju untuk berjuang bersama. Makin banyak yang bergabung, tentu makin mudah untuk meraih menang. Saya tak mungkin kuat tanpa didukung yang lain,” jelasnya.

Dalam kunjungan ke DPD Partai Golkar, Mas Sumatri juga didampingi Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti, Pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Bali serta pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem.

“Kami ingin meminta dukungan dari Partai Golkar terkait pencalonan Ibu Mas Sumatri pada Pilkada Karangasem 2020,” ujar Putu Nopi. Dikatakan sesuai petunjuk DPP Partai NasDem, dalam Pilkada Karangasem 2020 pihaknya memprioritaskan pencalonan kembali Mas Sumatri sebagai calon bupati. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: