Tercatat 364.109 Calon Pemilih di Gianyar Untuk Pilgub dan Pilbup Mendatang

(Baliekbis.com), Berdasarkan data pemilih berkelanjutan 2017, di Kabupaten Gianyar tercatat 364.109 orang calon pemilih pada pemilihan serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gianyar. Dari data 364.109 calon pemilih itu, 180.955 jenis kelamin laki-laki dan 183.154 berjenis kelamin perempuan. “Calon pemilih ini terus akan mengalami peningkatan hingga menjelang daftar calon tetap (DCT). Sementara data tahun 2016, jumlah pemilih mencapai 363.222 suara. Dari 363.222 itu sebanyak 180.649 pemilih laki-laki dan 182.573 pemilih perempuan,” kata Ketua KPUD Gianyar, Anak Agung Putra, Kamis (4/5). Ia mengatakan saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar kini sedang mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Gianyar dan Pilgub Bali yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang. .

Untuk pelaksanaan Pilkada Gianyar yang bersamaan dengan Pilgub Bali, KPU Gianyar kini sedang mempersiapkan pelaksanaan dengan koordinasi dengan instansi terkait. Diantaranya koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Gianyar untuk melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula seperti kemasing-masing sekolah SMA/SMK, ketokoh masyarakat desa, dusun dan Banjar. Sementara dengan Dinas Capil Kabupaten Gianyar, KPU Gianyar melakukan koordinsi dengan tentang data pemilih. Soal data pemilih, Ketua KPU Gianyar menegaskan kepada Dinas Capil untuk mendata calon pemilih agar memiliki E KTP. Hal ini dilakukan sejak awal, guna menghindari permasalahan dikemudian hari. “Kita sejak awal tekankan bahwa calon pemilih sudah terekam dalam E KTP. Biar tidak menjelang pencoblosan baru rebut mengaku tidak terdaftar,” harap Ketua KPU Gianyar. Demikian juga koordinasi dengan Pemkab Gianyar dan Pemprov Bali soal dana Pilkada Gianyar dan pilgub Bali.”Soal dana Pilkada Gianyar dan Pilgub Bali,KPU Gianyar sedang melakukan koordinasi biar dananya tidak tumpang tindih,” jelas Agung Putra.
KPU Gianyar kini sedang mempersiapkan anggota KPPS, PPS dan PPK. Demikian juga KPU Gianyar melakukan koordinasi dengan BNN Gianyar dan Dinas Kesehatan Gianyar soal calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: