Tentara Bersama Petani Panen Padi di Karangasem

(Baliekbis.com), Program upaya khusus percepatan peningkatan produksi pangan dilakukan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali bekerja sama dengan TNI. “Upaya itu sejalan dengan peran TNI dalam menjaga pertahanan nasional dan dasarnya jelas Payung Hukum Inpres nomor 5 tahun 2011,” ¬†kata Kadis Pertanian IB Wisnuardhana di Karangasem, Jumat (12/1)¬†usai panen padi bersama Kodim 1623/Karangasem.

Dikatakan Wisnuardhana, sinergi bersama TNI sudah dilaksanakan sejak sejak tahun 2012 dengan membuat kesepakatan kerjasama (MoU) antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI. Kerjasama dilanjutkan hingga ke masing-masing daerah baik Gubernur dengan Pangdam dan Danrem, Bupati dengan Kodim. Kegiatan itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari membangun ketahanan pangan dan nasional “Ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahanan negara. Sehingga, seluruh elemen bangsa, termasuk TNI, wajib berperan demi menjaga kedaulatan tanah air,” ujarnya.

Dengan demikian generasi muda nantinya tetap melanjutkan profesi petani yang lebih modern dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang. Untuk meningkatkan produktivitas di antaranya melalui pencetakan sawah dan mempermudah distribusi bantuan produksi.

Sementara Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Benny Rahadian, menambahkan kegiatan tersebut untuk memotivasi para petani dalam meningkatkan produksi pangan. Kodim ikut bersama petani melaksanakan penen padi di Subak Tegakin Desa Bugbug Kec. Karangasem. “Saya pun ikut semua proses pemanenan padi. Ini untuk memotivasi petani,” ujar Dandim. Tindakan itu juga diikuti oleh Pasiter Kodim Kpt. Cpl. I Gusti Made Darsana, Danramil Kapten CAJ I Nyoman Mangku dan Kapten Inf. I Wyn. Suyadnya dan anggota, Kabid Produksi Distan, LO BPTP Prov. Bali Ka UPTD Pertanian Karangasem, PPL dan petani. Pada hari bersamaan juga dilakukan panen padi yang melibatkan Babinsa Koramil 1623-07/Bebandem, BKO Yozipur 18/YKR, Kepala UPT Pertanian Bebandem dan petani di Kecamatan Bebandem. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: