Tekan Biaya Tinggi, MenPAN-RB Resmikan Mall Pelayanan Publik di Badung

(Baliekbis.com), Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Dir Lantas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K., Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo, S.H., M.H. dan Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta, S.I.K. menghadiri peresmian Mall Pelayanan Publik Kabupaten Badung, Senin (17/9).

Mall Pelayanan Publik yang berlokasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung itu diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI, Drs. Syafruddin, M.Si.

Dalam sambutannya, Drs. Syafruddin mengatakan Mall Pelayanan Publik merupakan suatu inovasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Dulu banyak pelayanan dilakukan secara terpisah oleh masing-masing instansi sehingga tidak efektif, tidak efisien dan berbiaya tinggi, kemudian timbul gagasan pelayanan terpadu satu atap.

Disampaikannya, perkembangan selanjutnya adalah melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dimana sejumlah pelayanan dapat diselesaikan di satu kantor termasuk pengesahan dokumen produk pelayanan karena adanya pendelegasian kewenangan kepada pimpinan kantor yang bersangkutan.

“Dalam perkembangan terakhir ini, kami mengedepankan konsep Mall Pelayanan Publik yang merupakan pengembangan dari PTSP yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi, sehingga tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan,” ungkap MenPAN-RB RI.

Pada kesempatan tersebut, Drs. Syafruddin juga meninjau langsung Mall Pelayanan Publik Kabupaten Badung yang salah satunya adalah pelayanan Kepolisian. Didalam pelayanan tersebut, disediakan beberapa pelayanan diantaranya perpanjangan SIM, sidik jari, penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) serta menerima pengaduan masyarakat.

“Saya berharap, dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat serta investor, sehingga roda perekonomian Badung dapat berjalan,” harap Drs. Syafruddin, M.Si.

Selain Kapolda Bali, acara tersebut juga dihadiri oleh Deputi Pelayaan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA., Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, S.Sos., M.Si. dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta serta Kepala Instansi yang tergabung dalam Mall Pelayanan Publik Kabupaten Badung. (job)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: