Tahapan Pilrek Undiksha: Jampel di Puncak, Kepala Unit PKKM Tersingkir

(Baliekbis.com),Tahapan Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) periode 2019-2023 terus bergulir. Rabu (16/1) empat bakal calon, yakni Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata,S.Pd., Dr. I Gusti Ngurah Pujawan,M.Kes., Dr. I Gede Sudirtha, S.Pd.,M.Pd. dan Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menyampaikan visi misi di hadapan sivitas akademika dan perwakilan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Tahapan langsung dilanjutkan dengan pemilihan tiga calon rektor oleh senat. Hasilnya, I Gusti Lanang Agung Parwata harus tersingkir. Kepala Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (PKKM) Undiksha ini tidak mendapatkan suara alias nol. I Nyoman Jampel menjadi pemuncak dengan perolehan 35 suara. Sementara Gede Sudirtha dan Gusti Ngurah Pujawan masing-masing satu suara.

Terhadap hasil tersebut, I Gusti Lanang Agung Parwata menyatakan legowo. Tidak ada rasa keberatan. Bahkan dirinya secara tegas menyatakan tetap mendukung rektor yang terpilih nantinya dalam meningkatkan pembangunan lembaga. “Saya siap menerima apapun hasilnya. Siap mendukung pembangunan universitas,” ujarnya.

Pada paparannya, ia mengusung visi mewujudkan universitas unggul dalam pengajaran berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di ASEAN pada tahun 2023. Misinya, menyelenggarakan tata kelola kelembagaan secara terpadu, transparan, akuntabel, adil dan bertanggungjawab. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat dan berkarakter. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, kolaboratif dan inovatif.

Program yang ditawarkan, untuk bidang kelembagaan, beberapa di antaranya mengembangkan mental Rajin, Aktif, Tekun, Ulet (RATU) segenap sivitas akademika, mendorong partisipasi kolektif segenap sivitas untuk mencapai tugas pokok, fungsi, dan kinerja terbaiknya.

Bidang pendidikan, membangkitkan kurikulum berdasarkan SNPT dan KKNI yang berlandaskan falsafah Tri Hita Karana untuk membangun SDM yang berkarakter, mengembangkan pendidikan budipekerti untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran dan ketaatan, meningkatkan sarana prasarana pendidikan yang berkualitas dalam menunjang kegiatan pembelajaran

Khusus untuk bidang penelitian dan PKM, dibuat roadmap sehingga bermanfaat dalam pengembangan universitas, mengembangkan pusat-pusat penelitian dan PKM berdasarkan keilmuan dan SDM. Sementara itu bidang kepegawaian, meningkatkan kualitas dan profesionalisme, memberikan pelayaan prima bagi seluruh sivitas akademika dan bidang kemahasiswaan, meningkatkan pembinaan kemahasiswaan baik intrakurikuler maupun entrakurikuler, mengoptimalkan peran pendamping dalan setiap kegiatan mahasiswa. Sementara itu, untuk tiga calon lainnya, visi yang diusung juga mewujudkan universitas unggul. Sederet program pun telah dipersiapkan untuk mewujudkan itu.

Ketua Senat Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., menyampaikan pemilihan calon tersebut dilakukan oleh 37 anggota senat. “Tiga nama ini kami sampaikan ke Kemenristekdikti untuk dilihat track record-nya. Kementerian juga nanti memberikan 35 persen suara saat pemilihan,” sebutnya. Terkait jadwal pemilihan, diagendakan pada Februari. Kepastiannya masih menunggu informasi dari Kemenristekdikti. “Kami berharap semua bisa berjalan kondusif dan sesuai harapan,” pungkasnya. (sos)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: