Syamsudin: Lelang Barang Begerak Paling Cepat Laku

(Baliekbis.com), Transaksi lelang selama tahun 2017 jauh meningkat dibandingkan sebelumnya. Tahun 2017 hasil lelang mencapai sekitar Rp 500 miliar sedangkan tahun sebelumnya sekitar Rp 100 miliar.

“Hasil tertinggi diperoleh dari lelang tanah dan hotel,” ujar Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang (KPKNL) Denpasar Syamsudin, Rabu (28/2) disela-sela bazaar lelang mobil di halaman kantor setempat. Dalam bazaar tersebut akan dilelang 11 mobil dengan nilai terendah Rp 900 ribu dan tertinggi Rp 115 juta. Adapun yang sudah mendaftar untuk mengikuti lelang sebanyak 43 peserta. “Mereka sudah daftar dan setor uang jaminan serta persyaratan lainnya,“ tambah Syamsudin.

Dikatakan animo masyarakat mengikuti lelang sangat tinggi. Umumnya lelang barang-barang bergerak yang paling cepat lakunya. Lelang diumumkan melalui email serta media surat kabar. Menurut Syamsudin syarat mengikuti lelang selain punya KTP juga harus memiliki NPWP bagi yang mengikuti lelang tanah.

Soal barang yang tidak laku saat itu, menurut Syamsudin akan dilakukan lelang ulang. Tapi umumnya untuk barang bergerak cepat laku dan sebagian besar habis terjual.

Peminat lelang juga tak harus datang melainkan bisa melalui internet. Bahkan yang melalui media ini responnya sangat tinggi. “Dari pengalaman hasil lelang melalui internet ini harga lakunya sangat tinggi. Mereka ini juga sangat serius,” tambahnya. Ia mencontohkan lelang bongkaran eks bangunan pasar Badung dari harga wal yang itawarkan ternyata lakunya berlipat-lipat. Demikian juga barang lainnya. Sebuah kacamata yang semula ditawarkan Rp 1 juta ternyata terjual hingga Rp 30 juta. Dengan sistem lelang internet ini, pembeli dapat mengikuti lelang dari mana saja di seluruh Indonesia, bisa dengan duduk santai di rumah. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: