SVF XIV/2019: Musisi Tamu Jaeko dan Nahla Dampingi Dewa Budjana

(Baliekbis.com), Penampilan Dewa Budjana Mahandini merupakan salah satu yang ditunggu di panggung hiburan Sanur Village Festival 2019 yang digelar di Pantai Matahari Terbit.

Pasalnya sebagian besar penggemarnya penasaran, siapa musisi yang bakal diboyong Budjana untuk memanggungkan album yang rilis pada akhir 2018 itu.

Dalam album solo ke-10 bertajuk “Mahandini”, Budjana didukung musisi internasional seperti Jordan Charles Rudess pemain keyboard Dream Theater, Mohini Dey pemetik bass asal India, Marco Minnemann (drum), John Frusciante mantan gitaris Red Hot Chili Peppers , dan Mike Sterm (gitar).

Tetapi pada Kamis (23/8/2019) malam di Pantai Matahari Terbit Sanur, Budjana tampil dengan format Irsa Destiwi (piano), Martin Siahaan (keyboord), Shadu Rasjidi (bass), dan Yandi Anda Putra (drum) yang telah terbiasa mengiringi Budjana. Dua lainnya adalah musisi tamu Jaeko Siena (perkusi dan tiup) serta Nahla (violin).

Budjana menceritakan muasal pertemuan dengan dua musisi muda yang dikenalnya melalui instagram. Keduanya meng-cover lagu Budjana di instagram, Jaeko membawakan ‘Joged Kahyangan’ dan Nahla ‘Hyang Giri’.

Ia memberikan apresiasi dan mengajak kedua musisi itu untuk manggung bersama. Rupanya, inilah cara Budjana memberikan motivasi dan edukasi kepada musisi muda potensial seperti Jaeko dan Nahla. Ia juga berencana mengajak yang lain, meskipun tidak naik panggung, paling tidak bisa diajak latihan maupun jam session.

Budjana yang gitaris Gigi itu pun membandingkan ketika saat SMA di Surabaya sekitar 1981 nekat ke Denpasar untuk menonton Indra Lesmana yang konser di Auditorium RRI Jl. Melati. Tak ada akses untuk menemui Indra di belakang panggung.

Namun, akhirnya ia bersahabat dengan musisi jazz itu saat menjadi murid ayah Indra, Jack Lesmana, pada 1985. Bahkan kemudian, mereka berdua terlibat dalam proyek musik dan saling mendukung.

“Itulah bedanya, kini dengan teknologi informasi banyak hal tak terduga yang kita alami dan memudahkan setiap orang saling terhubung,” katanya.

Budjana mengawali dengan ‘Jayaprana’ dari album ‘Hasta Karma’ kemudian disusul ‘Joged Kahyangan’ yang diwarnai improvissi talempong oleh Jaeko. Kemudian Nahla malam itu ‘menggantikan’ vokal Soimah Pancawati yang di album asli membawakan tembang ‘Hyang Giri’ dengan raungan violinnya.

Lagu lain yang disajikan malam itu adalah ‘Mahandini’ dan ‘’Queen Kanya’. Budjana yang telah beberapa kali tampil untuk Sanur Village Festival memberikan hiburan berkelas dan memuaskan penonton yang telah lama menunggu. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: