Susu Almond untuk Bayi, Aman atau Tidak?

(Baliekbis.com), Susu almond didapatkan dari perasan kacang almond yang telah dilumatkan bersama air. Susu jenis ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menerapkan diet vegan. Selain itu, susu almond juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang memiliki alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

Keamanan Konsumsi Susu Almond pada Bayi

Populernya susu almond bukanlah tanpa alasan. Susu ini lebih rendah kalori daripada susu sapi dan mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, termasuk vitamin D, vitamin E, dan kalsium.

Jika anda menyukai susu almond dan tertarik dengan manfaatnya, mungkin timbul pertanyaan, apakah boleh anak diberikan susu ini? Jawabannya, boleh, kok. Sama halnya pada orang dewasa, susu almond juga bisa menjadi alternatif pengganti susu pada bayi yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi.

Susu almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, menyehatkan jantung, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin E juga dapat memperkuat sistem imunitas, sehingga tubuh Si Kecil mampu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. Selain itu, kandungan vitamin D dan kalsium pada susu almond juga dapat mendukung pertumbuhan tulang dan giginya.

Sebelum Memberikan Susu Almond kepada Bayi, Perhatikan Hal Ini

Jika anda ingin memberikan susu almond kepada anak, tunggu sampai usianya sudah 1 tahun. Para ahli tidak menyarankan bayi diberi asupan susu apa pun selain ASI atau susu formula sebelum usia 1 tahun. Meskipun susu almond bermanfaat bagi kesehatan, susu ini tidak boleh menggantikan peran ASI. Hal tersebut karena nutrisi yang tersedia pada susu almond tidak selengkap nutrisi pada ASI. Mengonsumsi susu almond saja tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Susu almond memiliki kadar protein yang relatif rendah. Selain itu, beberapa susu almond dalam kemasan juga biasanya sudah ditambahkan pemanis buatan dan bahan pengawet untuk memperpanjang masa simpan. Penambahan bahan-bahan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, jangan terlalu sering memberikan anak susu almond dalam kemasan, ya.

Itulah fakta keamanan konsumsi susu almond pada bayi. Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membeli susu almond dalam kemasan. Namun, pastikan untuk memilih produk susu almond kemasan yang sudah diperkaya oleh vitamin D dan kalsium, serta tidak mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: