Susah Tidur? Berikut Tips Tidur Cepat di Malam Hari

(Baliekbis.com), Tidur yang cukup yang terutama di malam hari tentunya menjadi hal yang sangat penting, karena menyangkut kesehatan, orang yang kekurangan jam tidurnya mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Kurang tidur memberikan beberapa efek buruk seperti masalah berat badan, kemurungan dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivtias sehari-hari. Hingga yang sangat parah adalah masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Dengan tidur malam yang cukup, semua aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan pada pagi harinya akan bisa berjalan dengan lebih lancar, karena tubuh yang fit. Berikut beberapa tips agar bisa tidur cepat di malam hari (seperti jam 8 atau 9 malam):

1. Tubuh dan pikiran harus rileks sebelum tidur

Hentikan semua aktivitas yang sedang dilakukan, disarankan setengah jam sebelum mulai tidur, hentikan semua kegiatan yang berat (menguras pikiran). Tujuannya agar pikiran dapat lebih tenang, disamping juga otot tubuh menjadi rileks jadinya.  Agar tubuh dapat lebih rileks di malam hari, maka saat sore hari (jam 4-5 sore) disarankan untuk minum teh hangat yang nikmat, sehingga membuat nyaman tubuh. Hal ini dapat menghilangkan penat, rasa stres dll, sehingga berdampak positif pada malam harinya. Mandi sore hari juga disarankan karena tubuh yang bersih dan segar membantu untuk tidur cepat di dalam hari. Selanjutya tarik napas dalam-dalam sesekali, sehingga tubuh mendapatkan asupan oksigen yang lebih banyak, dan darah mengalir lebih lancar, serta pikiran menjadi lebih rileks.

2. Matikan gadget minimal 30 menit sebelum tidur

Banyak pengaruh positif dan negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget itu dalam kehidupan sehai-hari. Adapun yang dibahas kali ini yaitu pengaruh gadget pada kualitas tidur seseorang. Keinginan untuk terus memainkan gadget kesayangan, mengakibatkan rutinitas tidur malam menjadi terganggu. Sehingga disarankan untuk mematikan gadget. Penggunaan gadget dengan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru, dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin dibutuhkan tubuh agar bisa mengantuk. Dengan terganggunya produksi hormon melatonin, maka dapat merusak jam biologis tubuh, yang membuat jam tidur menjadi kacau. Penghambatan produksi hormon melatonin karena paparan cahaya di malam hari, juga dikaitkan dengan peningkatan risiko tubuh terekna penyakit. Dampak cahaya dari monitor tabung (CRT) juga berpengaruh terhadap penurunan hormon melatonin.

3. Mendengarkan musik

Hal ini terbukti ampuh pada sejumlah orang. Musik yang dipilih juga bermacam-macam namun sebagian besar merupakan musik bertempo lambat yang bisa membantu seseorang untuk lebih rileks dan memulai tidur mereka. Bahkan saat ini telah banyak beredar musik-musik yang memang dibuat secara khusus agar pendengarnya menjadi lebih rileks dan mudah tidur.

4. Jangan mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur

Jam makan berat di malam hari, lakukan paling sedikit 90 menit sebelum tidur. Misalnya Kamu ingin tidur jam 9 malam, maka makan malam (yang berat) dilakukan pada jam 7.30 malam. Di atas jam7.30 malam tidak diperboehkan makan berat. Saat dekat dengan waktu tidur, hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan ringan saja. Adapun secara umum, hendaknya makan yang secukupnya, hindari makan yang berlebihan, karena banyak akibat buruknya,

5. Fokuskan pikiran untuk tidur

Ini sangat penting untuk proses keberhasilan tidur cepat di malam hari, penting melupakan semua pikiran tentang dunia yang telah dilewati sepanjang hari. Lupakan segala kesibukan yang sehari-hari dilakukan, dan fokuslah untuk istirahat. Untuk memperoleh keberhasilan ‘melupakan” ini, maka hindari hal-hal yang dapat memicu, seperti karena menghutang di bank, lebih baik diihndari, apalagi jika memang akan kesulitan dalam membayar. Dengan menjalani hidup sederhana, dan terbebas dari hutang serta hal-hal lainnya yang membuat pikiran sumpek, maka ini membantu kita untuk bisa tidur dengan pikiran yang nyaman, sehingga dapat dengan mudah tidur cepat di malam hari. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: