Supadma Rudana: Kontribusi Industri Penting Dalam Memajukan Olahraga di Tanah Air

(Baliekbis.com),  Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana sangat mengapresiasi kemajuan dunia olahraga di Tanah Air yang mampu tembus di posisi 4 Asian Games dari target 10 besar.

“Ini prestasi yang bagus apalagi kalau dilihat dari target sudah jauh melampaui. Namun kita jangan cepat berpuas diri karena tantangan ke depan cukup berat,” jelas Supadma Rudana, Selasa (16/10) di Denpasar.

Menurutnya Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 260 juta, mestinya bisa meraih prestasi lebih baik lagi ke depannya. Bahkan kalau bisa di ajang Olimpiade. Hal itu menurutnya sangat memungkinkan mengingat potensi yang ada sangat besar. “Tinggal sekarang bagaimana mengelolanya dan mengajak semua pihak terkait ikut terlibat,” jelas Supadma Rudana yang komisinya membidangi pendidikan, olahraga, pariwisata budaya dan industri kreatif.

Menurut politisi Demokrat asal Gianyar ini, peran Kemenpora sangat penting dalam mengangkat dunia olahraga di Tanah Air. “Saya sudah ketemu Menteri dan membicarakan bagaimana melibatkan dunia industri untuk mendukung olahraga. Di luar negeri industri itu sangat membantu kemajuan olahraga,” tegasnya. Bahkan menurut Supadma Rudana, prestasi olahraga bukan semata bisa mengangkat keharuman bangsa dan negara, namun banyak sektor yang ikut berkembang. Kehadiran olahraga sangat erat dengan industri kreatif dan pariwisata. “Dalam sebuah ajang olahraga, industri fesyen dan wisata juga ikut merasakan,” tambahnya. Karena itu Supadma Rudana berharap peran industri khususnya sport industry bisa ditingkatkan untuk mendukung olahraga ini. Sebab untuk memajukan olahraga memerlukan biaya besar. “Kita lihat di luar negeri bahkan sampai ada sekolah olahraga untuk bisa meraih prestasi,” tegasnya. Supadma menambahkan untuk menggandeng industri, pemerintah bisa bekerja sama, misalnya dengan memberikan keringanan pajak bagi industri yang mau membantu dalam pembibitan dan pembinaan atlet.

Di sisi lain, Caleg DPR RI dari Dapil Bali Partai Demokrat ini juga mengingatkan berdasarkan hasil di Asian Games dimana sejumlah cabang menyumbang medali cukup besar hingga 30 persen seperti silat dan renang. Jadi ke depan, cabang-cabang itu harus diintensifkan. “Saya juga sudah minta Menteri untuk melakukan diplomasi agar silat bisa masuk olimpiade,” ujar Supadma Rudana.

Olahraga tambahnya bukan hanya prestasi tapi juga industri agar bisa sejahterakan atlitnya, masyarakat dan industri itu sendiri. “Jadi harus bangun sistemnya. Pasca jadi atlit, hidupnya harus terjamin,” tutup Supadma Rudana. Di sisi lain, Supadma Rudana minta jajaran KONI dan PSSI melakukan evaluasi dan revolusi untuk membangun prestasi dan industri olahraga. Disiplin juga dinilainya sangat penting dalam olahraga. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: